Skip to main content

Kelebihan dan Kekurangan Blog Niche

Kelebihan dan Kekurangan Blog Niche - Hallo sahabat Gadgetplus, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Kelebihan dan Kekurangan Blog Niche, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Blogger, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Kelebihan dan Kekurangan Blog Niche
link : Kelebihan dan Kekurangan Blog Niche

Baca juga


Kelebihan dan Kekurangan Blog Niche

Kelebihan dan Kekurangan Blog Niche -Ketika kita hendak membangun sebuah blog atau website, pasti salahsatu dasar yang harus kita persiapkan adalah topik atau niche blog. Iya tentu, menentukan topik blog sangatlah penting, karena suatu niche website akan berdampak terhadap seo blog, income adsense atau iklan lainnya, visitor hingga affiliate.

Tetapi malah banyak blogger yang bingung dalam menentukan niche blognya. Mana yang lebih bagus? Blog multi topik atau blog niche (single topik)? Setiap orang mempunyai alasan yang bebeda, dalam menentukan pilihannya. Setiap orang memiliki tujuan masing-masing dalam pembuatannya, sehingga dapat dikelola sesuai dengan keinginan masing-masing dan pengetahuan yang dimiliki.

Kelebihan dan Kekurangan Blog Niche
Tetapi orang banyak beralasan, kenapa saya buat blog gado-gado atau blog multi topik? Alasannya, karena blog multi topik mudah untuk mencari ide artikel, jadi bisa update artikel secara rutin dan sering, juga karena cakupan bahasan blog multi topik luas dan tidak terbatas.

Alasan di atas memang benar sekali, dan itulah kenapa orang banyak lebih memilih blog multi topik atau blog gado-gado. Lalu bagaimana dengan blog niche atau blog topik tunggal? Oke di sini saya akan menjelaskan lebih detail mengenai blog niche, saya juga akan menjelaskan kekurangan serta kelebihan dari blog niche.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Blog Gado-Gado

Blog niche merupakan blog yang berfokus pada satu topik bahasan, dan biasa juga disebut blog topik tunggal. Contohnya seperti blog yang berfokus pada bahasan teknologi, maka seluruh artikelnya tidak membahas topik yang lain, tetapi hanya membahas topik seputar teknologi.

Blog niche memiliki keuntungan tersendiri bagi pemilik blognya, karena google sendiri lebih menyukai blog niche dibanding blog yang topiknya campur. Dan katanya algoritma google terbaru akan menampilkan blog niche pada halaman awal search result. Dan hasilnya blog niche mempunyai relevansi pencarian yang sangat akurat dan nyaris semua konten mempunyai kriteria sangat relevan.

Untuk membuat blog niche memang lumayan susah, karena pemilik blog niche harus ahli dan professional mengenai topik blognya. Contohnya kita mempunyai blog niche dengan topik "masakan atau resep masak". Tentu saja hal yang akan dibahas seputar resep masakan, maka kita harus ahli dibidang tersebut, kita harus cari sana cari sini mengumpulkan referensi. Namun keuntungan mempunyai blog niche yaitu sangat diistemawakan oleh mesin pencari.

Terlepas dari itu, pastinya blog niche juga masih mempunyai banyak kekurangan dan kelebihan tersendiri, selain yang saya sebutkan di atas tadi. Lalu apa saja Kelebihan dan Kekurangan Blog Niche? Mari simak penjelasan singkat kami di bawah ini:


Kelebihan dan Kekurangan Blog Niche

Selain kelebihan dan kekurangan blog niche yang saya sebutkan di atas, saya akan jelaskan beberapa kelebihan serta kekurangan blog niche yang umum kita dijumpai. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan blog niche:

#Kelebihan Blog Niche

1. Peluang besar untuk tampil di page one
Selain berpeluang besar untuk tampil di page one, blog niche juga mempunyai queri yang sangat relevan dengan pencarian para user yang mencarinya. Karena mempunyai konten yang saling berhubingan, dan akibatnya keyword tertanam di setiap artikel. Dengan ketepatan dan relevansi artikel dalam topik satu sangat memungkinkan dan mudah ditentukan oleh google atau mesin pencari yang lain. inilah mengapa niche blogging sangat mapan sekali di serp.

2. Blog niche sangat disukai advertiser
Selain disukai oleh google, ternyata blog niche juga menjadi rebutan para advertiser. Advertiser atau pengiklan sangat menyukai blog niche atau blog yang fokus pada satu bahasan.Contohnya begini, ada sebuah perusahaan obat yang ngin mengiklankan usahanya di sebuah blog, pastinya mereka akan mencari blog dengan kriteria blog niche seputar kesehatan atau obat-obatan. Karena perusahaan tersebut tahu orang yang mengunjungi blog kesehatan biasanya untuk mencari obat.

Oleh karena itu blog niche mempunyai peluang besar untuk mendapatkan income yang lebih besar daripada blog gado-gado. Selain dimonetasi dengan adsense blog juga bisa dimonetasi dengan pengiklan lokal.

3. Visitor sangat loyal terhadap blog niche
Blog satu niche memiliki pengunjung yang setia, yang rela bulak – balik akses blog kita. Hal ini terjadi karena pengunjung tersebut menemukan apa yang mereka cari di blog sobata. Kenapa di blog sobat? Karena blog sobat fokus terhadap satu bahasan yang mereka butuhkan, dan blog sobat akan dinilai lebih sunggu-sungguh.

4. Memimiliki konten yang detail dan terpercaya
Berbeda dengan blog gado-gado atau blog multi topik, penyampaian isi pada blog niche lebih detail dan bisa dibilang lebih kredibel, karena dikelola oleh ahli dalam topiknya. Blog satu niche membuat informasi yang disampaikan semakin baik dan jelas. Setiap konten yang dimuat di blog niche mempunya hubungan satu sama lain.

#Kekurangan Blog Niche

Setiap sesuatu yang memiliki kelebihan pastimemiliki kekurangan juga. Begitu juga dengan blog niche, pasti mempunyai sisi kekurangan atau kelemahan. Di bawah ini saya jelaskan secara singkat, apa saja yang menjadi kelemahan blog niche:

1. Persaingan untuk tampil di pageone lebih kompetitif 
Sebagaimana kita ketahui, blog niche pada topik tertentu biasanya dibangun oleh orang yang memang ahli atau professional pada bidangnya. Secara tidak langsung, konten yang mereka buat lebih berkualitas dan berisi, yang pada ujungnya ini menyebakan persaingan yang kompetitif untuk blog tampil di page one, bahkan pengunjungpun lebih loyal terhadap blog niche yang memang dikelola oleh ahlinya.

2. Jarang update artikel
Blog dengan satu niche akan lebih susah untuk update artikel secara rutin. Sulitnya membuat artikel akan terjadi jika sobat sudah publish sampai 100 artikel. Di awal membuat blog memang tidak terasa, lama kelamaan baru terasa. Apalagi kalau membahas topik passive, contohnya seperti blog seputar sejarah islam. Kalau semuanya udah dipublish, mau publish apalagi? masa mau buat sejarah sendiri?

3. Kehabisan Ide
Poin ketiga ini tidak jauh berbeda dengan poin kedua. Kehabisan ide untuk update artikel bisa terjadi karena pengetahuan kita tentang niche yang terbatas, karena memang masih pemula atau bahkan bukan ahli dalam bidangnya. Lama-lama akhirnya blog tidak terurus, dan pengunjung hilang. Sebagian blogger biasanya menambahkan label baru pada blognya, yang akhirnya blognya berubah menjadi ultramen, eh maksudnya menjadi blog gado-gado.

Kesimpulan

Jika anda memang seorang ahli atau profesional dalam satu tofik, saya sarankan untuk membuat blog niche saja, supaya tidak mogok di jalan dan bisu ketika pengunjung bertanya. Dan apabila anda seorang pemula atau masih nubie dan belum punya keahlian dalam satu bidang tertentu, maka lebih baik untuk membuat blog campur dengan topik sesuai hobi anda.

Akan tetapi siapapun bisa sukses dengan jalan dan caranya masing-masing. Yang dibutuhkan hanyalah pengalaman dan pertanyaan untuk mencapai suatu keberhasilan.

Nah itulah penjelasan dari Riswan.net mengenai Kelebihan dan Kekurangan Blog Niche, semoga artikel yang saya tuliskan ini bisa bermanfaat bagi teman-teman blogger semuanya.

Terimakasih


Demikianlah Artikel Kelebihan dan Kekurangan Blog Niche

Mudah-mudahan tutorial Kelebihan dan Kekurangan Blog Niche Kali ini, bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya. Dan jangan lupa share tutorial ini agar semakin berguna bagi orang banyak.

Anda sekarang membaca artikel Kelebihan dan Kekurangan Blog Niche dengan alamat link https://www.gadgetplus.my.id/2017/06/kelebihan-dan-kekurangan-blog-niche_23.html
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar