Skip to main content

4 Langkah mengganti Blogspot dengan domain pribadi untuk pemula

4 Langkah mengganti Blogspot dengan domain pribadi untuk pemula - Hallo sahabat Gadgetplus, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 4 Langkah mengganti Blogspot dengan domain pribadi untuk pemula, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Blogger Tips, Artikel webhosting, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 4 Langkah mengganti Blogspot dengan domain pribadi untuk pemula
link : 4 Langkah mengganti Blogspot dengan domain pribadi untuk pemula

Baca juga


4 Langkah mengganti Blogspot dengan domain pribadi untuk pemula

Ada banyak sekali blogger pemula yang ingin mengganti blog berflatform blogspot miliknya dengan domain pribadi (domain dengan akhiran .com, .org, .sch.id, .co.id, .net dll), namun sayangnya mereka kebanyakan tidak tau caranya, dan setelah mereka mencari referensi di internet, mereka sulit sekali menemukan cara yang sesuai dengan layanan webhosting miliknya.

Memang banyak sekali blogger-blogger berpengalaman yang sudah menyajikan artikel tentang cara custom domain blogspot menjadi domain pribadi, tapi sayangnya kebanyakan yang mereka bahas adalah custom domain untuk layanan hosting tertentu.

Beberapa artikel yang membahas custom domain yang pernah saya temukan misalnya: 
  • Cara setting atau konfigurasi memindahkan blogspot ke custom domain
  • #5 langkah custom domain di dewaweb.com
  • Cara mengganti domain blogspot dengan domain pribadi
  • Mengganti domain blogspot menjadi domain sendiri.
  • dan tutorial konfigurasi dan custom domain blogspot lainnya.
Dan ternyata setelah dibaca hampir semuanya menjelaskan tentang konfigurasi custom domain blogspot untuk layanan webhosting tertentu, misalnya hanya untuk layanan webhosting di rumahweb.com saja, idwebhost.com saja,hostinger.co.id, dewaweb.com saja, dan layanan webhosting lainya.

Cara membuat blog terbaru di blogger lengkap.

Langkah #2 - Membeli Nama Domain

Berikutnya yang harus anda lakukan sebelum melakukan custom domain dari blogspot menjadi domain pribadi adalah anda harus sudah memiliki nama domain.

Untuk memiliki nama domain anda bisa membelinya di situs-situs penyedia layanan domain, ada banyak sekali situs-penyedia layanan domain yang bisa anda pilih, beberapa diantaranya adalah:
  • dewaweb.com
  • rumahweb.com
  • idwebhost.com
  • niagahoster.com
  • dan masih banyak lagi.
Silahkan anda pilih penyedia layanan hosting yang sudah populer, sudah berpengalaman, credible memiliki reputasi baik dan tentunya biayanya terjangkau.

Salah satu rekomendasi yang cukup murah adalah rumahweb.com, penyedia layanan ini selain terjangkau juga terbilang sudah sangat berpengalaman dan terpercaya karena sudah berdiri sejak tahun 2002, dan sudah banyak digunakan oleh banyak situs.

Lantas bagaimanakah Cara Membeli Nama Domain untuk customisasai blog berflatform blogspot?

Saya tidak akan terlalu panjang lebar bagaimana cara membeli nama domain, yang jelas, untuk customisasi blogspot menjadi domain pribadi atau top level domain, anda cukup membeli nama domain saja tidak perlu membeli paket hosting, jika anda dipaksa untuk membeli paket hosting pilih saja paket hosting yang paling murah walaupun kapasitasnya kecil.

Untuk membeli nama domain silahkan anda meluncur ke situs penyedia layanan domain yang menurut anda baik, silahkan cek nama domain anda apakah tersedia, jika tersedia berarti nama domain sudah ada yang menggunakan, anda harus mencari nama domain lainnya yang unik dan belum ada yang menggunakan.

Ketika membeli domain anda akan diminta bioadata anda. Biodata tersebut biasanya digunakan sebagai data akun anda di penyedia layanan domain tersebut, dan juga sekaligus digunakan sebagai biodata  domain anda.

Domain yang sudah anda beli biasanya akan berstatus PENDING (tertunda), baru statusnya akan menjadi AKTIF setelah anda melakukan pembayaran pembelian nama domain tersebut.

Jika domain sudah aktif anda juga biasanya akan mendapatkan pesan dari penyedia layanan domain yang berisi data-data untuk mengakses CPANEL domain anda lengkap dengan data userlogin dan juga passwordnya, silahkan anda simpan baik-baik data CPANEL domain anda tersebut.

CPANEL ini bisa anda gunakan untuk seting atau melakukan konfigurasi agar melalui nama domain anda bisa mengakses blog berflatform blogspot yang sudah anda miliki sebelumnya.

Langkah #3 - Konfigurasi CNAME

CNAME merupakan kependekan dari Canonical Name, suatu jenis record dari DNS (Domain Name System) yang menggunakan IP Address dari domain atau sub domain lain.

Di blogspot sendiri CNAME merupakan sebuah alamat khusus yang dimiliki oleh blogspot yang dapat digunakan untuk custom domain sehingga blogspot anda bisa dialihkan menggunakan nama domain pribadi anda dan blog anda akan bisa diakses menggunakan nama domain pribadi anda.

Bagaimana saya memperoleh alamat CNAME blogspot saya?

Untuk memperoleh alamat CNAME blogspot anda, langkah-langkahnya sebagai berikut:

a. Masuk ke akun blogspot anda.

b. Pada bilah menu sisi kiri pilih menu Setelan/setting > dasar

c. Pada bagian penerbitan untuk alamat blog, klik link "+Siapkan URL pihak ke 3 untuk blog anda"
proses propagasi domain, biasanya memakan waktu 3 menit sampai 72 jam.

Silahkan ditunggu saja ke esokan harinya kemudian akses lagi, jika masih belum menampilkan halaman blog anda berarti masih dalam proses propagasi, jika sudah menampilkan tampilan blog yang anda maksud berarti proses propagasi selesai dan blog siap anda kembangkan.
 

Kesimpulan:

Untuk melakukan customisasai atau mengganti domain blogspot menjadi domain pribadi memang sangatlah mudah cukup dengan 4 langkah diatas anda bisa melakukannya sendiri.

Cara diatas menggunakan CPANEL agar standar dan bisa digunakan untuk konfigurasi pada layanan webhosting manapun.



Demikianlah Artikel 4 Langkah mengganti Blogspot dengan domain pribadi untuk pemula

Mudah-mudahan tutorial 4 Langkah mengganti Blogspot dengan domain pribadi untuk pemula Kali ini, bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya. Dan jangan lupa share tutorial ini agar semakin berguna bagi orang banyak.

Anda sekarang membaca artikel 4 Langkah mengganti Blogspot dengan domain pribadi untuk pemula dengan alamat link https://www.gadgetplus.my.id/2021/12/4-langkah-mengganti-blogspot-dengan.html
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar