Skip to main content

4 pelanggaran penyebab aplikasi android anda dihapus (suspend) dari playstore

4 pelanggaran penyebab aplikasi android anda dihapus (suspend) dari playstore - Hallo sahabat Gadgetplus, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 4 pelanggaran penyebab aplikasi android anda dihapus (suspend) dari playstore, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Adsense, Artikel godev, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 4 pelanggaran penyebab aplikasi android anda dihapus (suspend) dari playstore
link : 4 pelanggaran penyebab aplikasi android anda dihapus (suspend) dari playstore

Baca juga


4 pelanggaran penyebab aplikasi android anda dihapus (suspend) dari playstore

Untuk mendapatkan penghasilan online dari google, ada 3 cara yang umumnya dilakukan yaitu, menjadi blogger, menjadi youtuber dan menjadi pengembang aplikasi android.

Untuk mendapatkan penghasilan dari online sebagai pengembang aplikasi android, ternyata tidaklah mudah, yang paling penting yang harus diperhatikan ketika kita sudah diterima sebagai publisher google adalah kita harus selalu mentaati kebijakan google, jika apa yang kita lakukan dianggap tidak sesuai dengan kebijakan mereka, maka kita akan mendapatkan penalty, baik suspend maupun di nonaktifkannya akun publisher yang kita miliki.

Ini terjadi juga sama saya, berhubung saya sendiri merupakan pendatang baru di dunia palikasi android, banyak sekali  kebijakan-kebijakan dari google developer yang tidak terlalu saya pahami, walaupun pada akhirnya sedikit-sedikit untuk sebagian kebijakan saya menjadi paham, seiring dengan pengalaman yang saya dapatkan selama menjadi publisher goole developer.

mengupload aplikasi android di google developer, maka kita akan diminta untuk mengisi link kebijakan privacy policy untuk aplikasi yang diupload tersebut, tapi sifatnya opsional (bisa dimasukan pada saat itu juga, bisa juga nanti)

Link yang menuju halaman mengenai kebijakan privacy policy tersebut bisa kita buat di halaman blogspot atau blog domain pribadi yang kita miliki, url yang menuju halaman privacy policy tersebut harus kita input di form upload google developer dan harus kita pasang juga di salah satu halaman activity aplikasi yang kita buat baik berupa link atau tombol.

Karena kurangnya pengalaman, dari awal saya mengupload aplikasi android di google developer, satu pun tanpa ada yang dilengkapi dengan halaman privacy policy karena malas membuatnya dan saya menganggap data tersebut sifatnya opsional saja (tidak penting).

Namun seiring waktu, mungkin ada kebijakan google play developer yang berubah, pada akhirnya aplikasi saya tidak tanggung-tanggung semuanya dihapus oleh google, alasanya karena aplikasi  tidak dilengkapi dengan laman privacy policy.

Tapi untung aplikasi yang dihapus tersebut semuanya bisa dikembalikan dan normal seperti sedia kala. Untuk mengembalikannya syaratnya ternyata cukup mudah, saya hanya diminta untuk memasang link kebijakan privacy policy di akun google developer dan juga di dalam setiap masing-masing aplikasi yang dihapus tersebut.

Tips:
Pastikan setiap aplikasi yang kita upload di google play developer sudah dilengkapi dengan link kebijakan privacy policy, juga jangan lupa setiap upload di google developer, url yang menuju halaman privacy policy dimasukan.

Kita bisa membuat halaman privacy policy di situs https://app-privacy-policy-generator.firebaseapp.com/ , silahkan copy privacy policy yang sudah dibuat pada halaman tersebut, lalu posting di halaman blog kita, urlnya kita gunakan di aplikasi dan juga di form upload google developer.


2.  Memasang  link pada aplikasi yang menuju  aplikasi lainnya

Penyebab yang kedua yang bisa membuat aplikasi android yang kita upload di google play developer di hapus oleh google adalah, memsang link atau tombol button yang ketika diklik menuju halaman aplikasi android lainnya yang kita sudah upload sebelumnya di akun google play developer yang sama.

Dulu saya menggunakan cara ini sebenarnya untuk mempromosikan aplikasi android lain yang sudah diupload sebelumnya, jadi kita bisa menyarankan atau mengenalkan kepada pengguna tentang aplikasi lainnya yang bisa mereka download dan instal di perangkat miliknya.

Awalnya cara ini tidak menjadi masalah, bahkan saya sendiri sudah cukup lama membiarkannya, tidak ada notifikasi atau peringatan apapun, namun seriring waktu dan semakin populernya aplikasi, ternyata cara tersebut merupakan bentuk pelanggaran dengan alasan menyalahgunakan produk google.

Saya pun akhirnya dapat email seperti ini yang dilengkapi dengan gambar screenshoot tentang penyalahgunaan yang dimaksud:

PENGHAPUSAN GOOGLE PLAY: Penayang AdMob tidak diizinkan untuk menyalahgunakan atau mempromosikan penyalahgunaan produk Google, seperti Google Play, YouTube, atau Blogger. Hal ini mencakup menghindari, atau menyediakan cara untuk menghindari kebijakan atau persyaratan produk-produk tersebut atau produk Google lainnya, misalnya dengan membolehkan pengguna mendownload video YouTube.

Jika aplikasi Anda dihapus karena penegakan kebijakan Google Play, harap hubungi Google Play mengenai penghapusan aplikasi di sini. Jika Google Play mengaktifkan kembali aplikasi Anda, kirimkan permohonan banding ke tim kami.
Tips:
Pastikan tidak memasang link apapun di dalam aplikasi yang menuju aplikasi milik anda lainnya apapu tujuannya. Bisa saja di awal-awal tidak akan dianggap sebagai masalah, namun pada suatu waktu hal tersebut akan dianggap sebagai pelanggaran kebijakan yang akan menyebabkan aplikasi android anda dihapus dari playstore.

3. Membuat Judul Aplikasi dan nama package yang mengandung nama atau istilah yang sudah memiliki hak cipta.

Untuk masalah ini sebelumnya saya sendiri tidak tahu, ya karena saya pemula dan belum banyak tahu mengenai seluruh kebijakan google play,  sehingga  ada beberapa aplikasi yang saya buat menggunakan judul yang mengandung kata atau istilah yang memang istilah atau nama tersebut sudah memiliki paten.

Contohnya: Game Puzzle Elsa Frozen.

Jika dilihat tidak ada yang salah dengan judul tersebut, judul tersebut masih dapat diterima, namun jika diamati judul aplikasi android tersebut sangat berbahaya dan bisa membuat aplikasi android anda dihapus oleh google.

Alasanya karena judul tersebut mengandung kata Frozen, dimana kata tersebut merupakan sebuah judul film yang sudah memiliki hak paten.

Saya sengaja  membuat aplikasi dengan judul tersebut ditambah dengan icon menggunakan gambar tokoh film frozen, karena memang film tersebut sangat populer.

Dan benar saja, tidak perlu menunggu lama, kurang dalam satu bulan aplikasi sudah mendapatkan jumlah download ribuan lebih setiap harinya dengan grafik yang terus menanjak, sehingga aplikasi tersebut cukup banyak menyumbang dolar.

Ketika aplikasi tersebut belum populer,  tidak ada masalah dengan aplikasi tersebut, namun karena mungkin popularitasnya semakin membaik, akhirnya saya mendapatkan notifikasi peringatan bahwa aplikasi tersebut dihapus karena dianggap melanggar kebijakan.

Untuk kasus tersebut, saya mendapatkan email pesan peringatan dari google play dengan isi sebagai berikut:

Hi Developers at Jamparing xxx,

After review, Game Puzzle Elsa Frozen, com.jamparing.gamepuzzlefrozen, has been suspended and removed from Google Play as a policy strike because it violates the impersonation policy.

Next Steps

    Read through the Impersonation article for more details and examples of policy violations.
    Make sure your app is compliant with the Impersonation and Intellectual Property policy and all other policies listed in the Developer Program Policies. Remember additional enforcement could occur if there are further policy issues with your apps.
    Sign in to your Play Console and submit the policy compliant app using a new package name and a new app name.

What if I have permission to use the content?

Contact our support team to provide a justification for its use. Justification may include providing proof that you are authorized to use the content in your app or some other legal justification.

Additional suspensions of any nature may result in the termination of your developer account, and investigation and possible termination of related Google accounts. If your account is terminated, payments will cease and Google may recover the proceeds of any past sales and/or the cost of any associated fees (such as chargebacks and transaction fees) from you.

If you’ve reviewed the policy and feel this suspension may have been in error, please reach out to our policy support team. One of my colleagues will get back to you within 2 business days.

Regards,

The Google Play Review Team

Tips:
Pastikan ketika kita upload aplikasi jangan menggunakan judul yang mengandung nama atau istilah yang sudah memiliki hak cipta, misalnya seperti mengandung nama tokoh super hero, atau nama tokoh film kartun, judul film dan hal-hal serupa lainnya.



Di awal tidak akan terjadi masalah, bahkan aplikasi anda akan lolos dan diizinkan untuk publish, namun seiring dengan poluaritas aplikasi android yang anda buat, aplikasi anda pada akhirnya akan dihapus karena dianggap melanggar kebijakan.



Pastikan juga nama package tidak mengandung hal di atas, juga icon aplikasi, konten sebaiknya tidak mengandung hal-hal yang bersifat penyalahgunaan produk berhak cipta.


4. Meletakan iklan interstitial yang  melanggar kebijakan.

Pada aplikasi android kita bisa memasang 3 jenis jenis iklan, yaitu benner, interstitial, dan rewardedvideo ads.


Untuk iklan insterstitial pastikan peletakannya tidak melanggar kebijakan penempatan, pahami betul bagaimana cara memasang iklan interstitial yang baik dan tidak melanggar kebijakan, karena  peletakan iklan interstitial yang salah bisa membuat aplikasi anda ditangguhkan dan dihapus oleh google.




Itulah beberapa masalah terkait aplikasi android yang bisa menyebabkan aplikasi android anda dihapus oleh google.

Sebagai publisher aplikasi android seyogyanya kita senantiasa memahami dan mematuhi segala kebijakan google, karena jika tidak aplikasi android kita bisa dihapus dan jika pelanggaran dianggap parah dan berulang bisa jadi akun developer yang kita miliki dinonaktifkan.



Demikianlah Artikel 4 pelanggaran penyebab aplikasi android anda dihapus (suspend) dari playstore

Mudah-mudahan tutorial 4 pelanggaran penyebab aplikasi android anda dihapus (suspend) dari playstore Kali ini, bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya. Dan jangan lupa share tutorial ini agar semakin berguna bagi orang banyak.

Anda sekarang membaca artikel 4 pelanggaran penyebab aplikasi android anda dihapus (suspend) dari playstore dengan alamat link https://www.gadgetplus.my.id/2021/12/4-pelanggaran-penyebab-aplikasi-android.html
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar