Skip to main content

6 Tips Cerdas Mengatasi Trafik blog yang turun tiba-tiba

6 Tips Cerdas Mengatasi Trafik blog yang turun tiba-tiba - Hallo sahabat Gadgetplus, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 6 Tips Cerdas Mengatasi Trafik blog yang turun tiba-tiba, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Blogger Tips, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 6 Tips Cerdas Mengatasi Trafik blog yang turun tiba-tiba
link : 6 Tips Cerdas Mengatasi Trafik blog yang turun tiba-tiba

Baca juga


6 Tips Cerdas Mengatasi Trafik blog yang turun tiba-tiba

Saya yakin anda akan kesal, jengkel, campur aduk ketika anda mendapati trafik blog kesayangan anda tiba-tiba turun secara drastis, padahal anda merasa tidak melakukan apa-apa. perlu anda tahu bahwa kasus seperti ini bukan anda saja yang mengalaminya, tetapi hampir semua blogger yang sudah malang melintang di dunia blogger juga saya yakin pernah mengalaminya.

Turunnya trafik blog/situs secara tiba-tiba tidak jarang bisa membuat pemiliknya enggan ngeblog lagi, padahal untuk membangun sebuah blog hingga memiliki trafik yang tinggi jelas bukanlah perkara mudah,  memerlukan tenaga dan juga waktu yang tidak sebentar, akan sangat disayangkan jika harus berhenti ngeblog dikarenakan permasalahan ini, apa yang harus dilakukan seharusnya adalah mengidentifikasi akar permasalahannya kemudian dicari solusinya, sehingga trafik blog bisa normal kembali.

Turun naiknya trafik sebuah blog itu sebenarnya hal yang normal, jika trafik turun tidak terlalu drastis,  namun jika trafik blog tiba-tiba turun di atas 50% secara tiba-tiba dan bertahan dalam waktu yang lama, maka sudah dapat dipastikan bahwa ada sesuatu yang salah dengan blog anda, penyebabnya bisa bermacam-macam, bisa karena aktivitas blogging anda, karena ada perubahan algoritma mesin pencari dan penyebab lainnya.


kehilangan trafik lebih dari 50% akibat banyaknya ditemukan page not found 404, penyebabnya adalah saya sengaja menghapus beberapa artikel yang cukup populer di blog saya, karena halaman tersebut dianggap tidak sesuai dengan kebijakan google adsense, alhasil karena di hasil pencarian belum terhapus 100%, judul blog yang dihapus tersebut masih ditemukan di hasil pencarian, sehingga ketika pengunjung mengklik judul tersebut, mereka di bawa ke halaman kosong karena url halaman sudah dihapus.

Ketika pengunjung mengakses halaman 404, secara tidak langsung akan mengurangi UX Faktur (User Experience/Pengalaman pengguna), jika pengalaman pengguna buruk maka ini bisa menurunkan reputasi blog sehingga blog pun bisa mengalami penurunan rangking.

Untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik, sebaiknya kesehatan blog harus kita perhatikan, salah satunya adalah selalu memonitor blog dari halaman tidak ditemukan (page not found 404). agar lebih mudah menemukan page not found 404 anda bisa menggunakan tool online salah satu yang cukup efektif adalah cara menghapus page note found 404 pada halaman blog
  • Jika page not found 404 ditemukan di internal link, maka anda bisa menggantinya dengan mengarahkan ke halaman blog anda lainnya.

  • 5. Jarang Menerbitkan artikel

    Yang berikutnya yang bisa menyebabkan trafik blog anda turun adalah karena anda jarang update artikel dalam waktu yang lama, jarang update artikel biasanya tidak langsung menurunkan trafik blog secara drastis, namun trafik akan turun seiring waktu, pelan-pelan tapi pasti, ini seperti yang saya sedang saya alami dikarenakan  berbulan-bulan tidak menerbitkan artikel, akhirnya trafikpun ikut turun.

    Jika anda ingin tau, silahkan baca: dampak buruk jarang update artikel terhadap trafik blog

    Oleh karena itu agar trafik blog anda terus meningkat, maka anda harus terus menerbitkan artikel bermanfaat, atau paling tidak anda melakukan update (pembaharuan/revisi) artikel-artikel lama yang sudah adaluarsa menjadi artikel yang uptodate.

    Tips mengembalikan trafik yang Turun Drastis

    Setelah anda mengidentifikasi penyebab turunnya trafik blog anda, cara yang bisa anda lakukan untuk mengembalikan trafik seperti sedia kala adalah sebagai berikut:

    1. Benahi Template blog anda

    Pastikan bahwa template yang digunakan adalah template seo friendly dan pastikan sudah bersifat responsve dan sudah mobile friendly, template seperti ini untuk saat ini sangat rirekomendasikan oleh mesin pencari. karena jika tidak kemungkinan besar

    2.  Perhatikan kenyamanan pengguna

    Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi kenyamanan pengguna, jika pengguna merasa tidak nyaman kemungkinan besar akan menurunkan UX faktor (faktor pengalaman pengguna), jika UX faktor dianggap buruk maka kemungkinan besar rangking blog pun akan turun. Untuk meningkatkan ux faktor atau pengalaman pengguna anda harus memastikan:
    • Loading blog ringan, pastingan blog dapat terbuka di bawah 2 detik, karena berdasarkan penelitian 47% pengguna lebih menyukai blog yang  waktu loadingnya di bawah 2 detik.
    • Navigasi blog mudah
    • Desain tampilan nyaman.

    3. Patuh terhadap kebijakan mesin pencari

    Jika karena algoritma mesin pencari, maka sebaiknya anda tidak melakkan tindakan-tindakan yang dianggap tidak sesuai dengan algoritma mesin pencari.

    4. Perbaiki deadlink

    Periksa secara rutin kesehatan blog anda, jika ditemukan pagenotfound, maka segera perbaiki brokn link tersebut agar bisa berfungsi dengan baik.

    5. Hentikan Membangun backlink dengan cara spam

    Cara spam adalah salah satu cara membangun backlink yang paling mudah, namun anda harus tau walaupun di awal blog anda akan cepat melesat, kemungkinan besar seiring waktu blog akan mengalami penurunan rangking dan akan sulit untuk recovery.

    Jika anda tidak merasa membangun backlink dengan cara spam namun anda menemukan sumber backlink buruk seperti bersumber dari situs-situs dewasa, perjud1an dan situs serupa lainnya, maka segera lakukan tindakan disavow menggunakan google's disavow tool

    6. Rutin update artikel

    Jangan lupa untuk selalu rutin update artikel, dengan terus melakukan update artikel maka kemungkinan besar trafik akan terus meningkat.

    Kesimpulan

    Memang ada banyak sekali penyebab kenapa trafik blog bisa turun yang harus anda lakukan ketika anda mengetahui trafik blog anda tiba-tiba turun, adalah mengidentifikasi penyebabnya, jika penyebabnya sudah diketahui maka langkah selanjutnya melakukan perbaikan. dengan demikian trafik blog pun kemungkinan akan kembali normal.


    Demikianlah Artikel 6 Tips Cerdas Mengatasi Trafik blog yang turun tiba-tiba

    Mudah-mudahan tutorial 6 Tips Cerdas Mengatasi Trafik blog yang turun tiba-tiba Kali ini, bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya. Dan jangan lupa share tutorial ini agar semakin berguna bagi orang banyak.

    Anda sekarang membaca artikel 6 Tips Cerdas Mengatasi Trafik blog yang turun tiba-tiba dengan alamat link https://www.gadgetplus.my.id/2021/12/6-tips-cerdas-mengatasi-trafik-blog.html
    Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
    Buka Komentar
    Tutup Komentar