Skip to main content

9 Tips Blogging yang Mungkin Belum Pernah Anda Dengar Sebelumnya

9 Tips Blogging yang Mungkin Belum Pernah Anda Dengar Sebelumnya - Hallo sahabat Gadgetplus, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 9 Tips Blogging yang Mungkin Belum Pernah Anda Dengar Sebelumnya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Blogger Tips, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 9 Tips Blogging yang Mungkin Belum Pernah Anda Dengar Sebelumnya
link : 9 Tips Blogging yang Mungkin Belum Pernah Anda Dengar Sebelumnya

Baca juga


9 Tips Blogging yang Mungkin Belum Pernah Anda Dengar Sebelumnya


Yang sudah merasakan pasti setuju: blogging itu tidak mudah.

Banyak memang blog yang sukses, mendapatkan ribuan pengunjung per hari. Mendapatkan penghasilan dan popularitas. Padahal mereka cuma menulis artikel.
Makanya sepertinya  terlihat mudah.

Tapi jauh lebih banyak lagi mereka yang gagal. Mereka yang tidak berhasil mendapatkan bahkan 100 pengunjung per hari. Setiap hari menerbitkan artikel tapi tidak ada yang membaca.
Kalau anda termasuk yang seperti itu, saya punya tips.

9 tips dalam artikel ini jarang diungkapkan oleh blogger-blogger Indonesia, bahkan mungkin beberapa di antaranya belum pernah anda ketahui. Tetapi semuanya sangat ampuh untuk membuat blog yang sukses.

Sebelum itu, yang belum punya blog bisa baca dulu panduan Cara Efktif mencari ide untuk judul postingan

Tips #4 - Tampung ide konten di Trello

Kadang-kadang kita punya beberapa ide konten yang bagus, tapi karena tidak disimpan jadi lupa. Lalu 3 hari kemudian ketika akan menulis artikel, tidak satupun ide yang terpikirkan.
Itu sebabnya kapanpun terlintas ide, langsung ditampung.

Untungnya ada tool bernama Trello. Fungsi asli dari Trello sebetulnya untuk manajemen pekerjaan, tapi karena sangat mudah untuk digunakan jadi bisa kita manfaatkan untuk menampung ide.
Selain itu Trello juga punya aplikasi untuk Android dan iOS sehingga bisa diakses kapanpun dimanapun.

Masih ada lagi.

Karena fungsi aslinya untuk manajemen pekerjaan, Trello juga bisa digunakan sebagai editorial calendar kalau anda punya banyak penulis dan jadwal penerbitan konten.

Tips #5 - Percepat proses pembuatan konten dengan menulis kerangkanya dulu

Membuat konten itu memakan banyak waktu.

Sebetulnya yang memakan waktu lebih banyak itu bukan proses menulisnya...tapi ketika kita berpikir sambil menulis. Belum lagi kalau ternyata setelah menulis banyak-banyak ternyata ada yang perlu
diganti karena strukturnya kurang pas.

Ini akan makin parah untuk artikel yang panjangnya lebih dari 1000 kata.

Karena itu, supaya untuk mempercepat proses penulisannya kita harus memisahkan proses berpikir dan proses menulis. Dengan cara membuat kerangka konten.

Proses pembuatan kerangkanya seperti ini:
  1. Tulis semua poin utama
  2. Tulis sub-sub poin untuk tiap poin utama
  3. Tiap poin dan sub poin cukup terdiri dari 1 kalimat.
Misalnya dalam artikel berupa list/daftar yang sedang anda baca ini, tiap subheader (tips 1-9) jadi poin utama dan penjelasannya menjadi sub poin.
Gunakan Evernote kalau anda ingin catatannya bisa diakses dari komputer atau smartphone, atau yang paling simpel gunakan Notepad.

Tips #6 - Pelajari cara membuat judul yang mengundang klik

Judul adalah separuh dari nyawa konten anda.

Hampir tidak ada orang yang membaca isinya tanpa membaca judulnya dulu. Tapi banyak yang hanya membaca judul tanpa isinya.

Bahkan menurut Copyblogger, dari 100 orang yang mampir ke blog anda ada 80 yang membaca judul tapi hanya 20 yang melanjutkan membaca artikel.

Artinya kalau anda membuat artikel selama 5 jam, sebagian besar pengunjung tidak membaca hanya karena judul yang kita buat dalam 30 detik terakhir/pertama.

Ini mengapa judul jadi sangat penting untuk konten.

Tidak hanya itu...
Bayangkan ketika konten anda di-share ke Facebook dan Twitter. Yang terlihat hanya judulnya, gambar, dan penjelasan kurang dari 200 huruf. Kalau judul anda membosankan maka tidak akan ada yang meng-klik.

Ada juga konten yang jadi viral di social media hanya karena judulnya.

Tapi judul yang berpotensi viral tidak dibuat secara acak dan untung-untungan. Ada trik psikologi di balik setiap judul sehingga orang-orang jadi tertarik.

Ini beberapa tips membuat judul yang mengundang klik:
  • Jelaskan manfaat nyata yang akan didapatkan
  • Gunakan angka atau persentase
  • Buat mereka penasaran
  • Buat jadi pertanyaan
  • Tunjukkan keunikan dalam artikel anda
Hati-hati, jangan buat judul yang berlebihan hanya untuk mengundang klik. Meskipun mungkin akan berhasil tapi pembaca akan jadi kecewa.

Tips #7 - Sertakan banyak data di dalam konten

Manusia suka dengan data...angka, persentase, grafik, tabel.

Data akan meningkatkan nilai konten anda, ini karena dengan adanya data konten anda akan jadi:
  1. Lebih dipercaya
  2. Lebih nyata, tidak abstrak
  3. Menarik untuk diceritakan kepada orang lain
  4. Penulisnya akan dianggap lebih ahli
Coba bandingkan sendiri 2 kalimat ini, mana yang lebih menarik:
  • Saat ini ada puluhan juta pengguna Wordpress
  • Saat ini ada 70.423.049 blog yang menggunakan Wordpress
Maka dari itu, setiap kali anda menuliskan fakta-fakta dalam sebuah konten pastikan ada data minimal berupa angka.

Cara mencarinya juga tidak sulit, gunakan Google.

Tips #8 - Buat para pakar berkata "WOW!"

Di internet ada 2 tipe orang: orang biasa dan pakar.

Pakar yang saya maksudkan adalah orang yang ahli dalam suatu topik tertentu. Dia sering berbagi pengetahuan tentang topik tersebut dalam bentuk blog atau di social media. Dan mereka punya banyak follower.

Setiap kali membuat konten, target anda bukan orang biasa tapi para pakar.
Intinya seperti ini...kita ingin supaya mereka yang punya banyak follower itu kagum dengan konten kita sehingga mereka membagikan artikel kita kepada followernya. Dengan begitu artikel kita akan populer secara instan.

Nah, untuk membuat mereka kagum...tidak cukup dengan konten berkualitas saja.
Konten yang kita buat harus luar biasa.

Begini, misalnya saya membuat artikel panduan diet. Artikel ini berkualitas, isinya bagus, detail, mudah dimengerti, dan ditulis dengan rapi.

Tapi bagi seorang pakar diet, isinya sudah biasa. Ingat, seorang pakar punya pengetahuan di atas orang rata-rata orang biasa tentang topik tersebut.

Maka dari itu mereka tidak akan kagum.
Dengan membuat konten yang isinya luar biasa, maka perkembangan blog baru anda akan jadi JAUH lebih cepat.

Beberapa tips membuat konten yang luar biasa:
  1. Jangan ulangi poin-poin yang sama dengan artikel sejenis
  2. Kualitasnya harus 10x lebih baik dibandingkan artikel sejenis
  3. Mengandung ide-ide baru yang belum sering dibahas
  4. Atau kontroversial, tetapi bisa dibuktikan kebenarannya
Lebih susah memang dibandingkan sekedar artikel berkualitas, karena anda akan butuh berpikir lebih dalam. Tapi hasilnya dalam jangka panjang akan jauh lebih baik.

Tips #9 - Jangan cuma blogging di blog sendiri

Ada kesalahan konyol yang masih terus saja dilakukan oleh blogger, tidak pernah aktif keluar blog.
Istilahnya cuma jago kandang.

Padahal, blog baru itu pengunjungnya cuma sedikit (atau bahkan nol). Kalau kita terus-terusan cuma tulis-publish-tulis-publish maka sampai kapanpun tidak akan pernah berhasil mendapatkan pengunjung.

5 tahun yang lalu masih bisa seperti itu karena saingan cuma sedikit.

Tapi sekarang? Jangan harap.

Aktif keluar itu maksud saya bukan blogwalking lalu tulis komentar di blog lain "thanks artikelnya, sangat membantu". Salah.

Yang benar adalah dengan aktif di situs komunitas terkait topik utama dari blog anda. Bukan untuk promosi tapi untuk membangun reputasi positif. Setelah itu baru promosi.

Selain itu, guest blogging.

Jadilah blogger tamu di blog-blog yang sudah populer supaya anda akan dikenal oleh para pembaca setia dari blog tersebut. Dengan demikian mereka akan datang ke situs anda juga.
Kalau ingin blognya ramai, datanglah ke tempat yang ramai.

Sekian...saatnya beraksi

Itulah 9 tips blogging favorit saya.
Untuk menjadi blogger yang sukses memang butuh perencanaan yang matang dalam konsepnya dan butuh usaha lebih dalam pembuatan konten serta pemasarannya.

Ada 3 kesamaan blog-blog yang sukses:
  1. Melalui perencanaan yang matang, tidak asal-asalan
  2. Kontennya luar biasa, tidak cuma berkualitas
  3. Aktif di luar blognya sendiri, tidak hanya jago kandang
Kalau anda adalah blogger yang bercita-cita tinggi, beberapa dari tips di atas akan sangat bermanfaat untuk perkembangan blog anda.


Artikel ini ditulis oleh Darmawan dari PanduanIM.com, blog yang membahas seputar internet marketing, pengembangan bisnis, blogging, dan SEO.




Demikianlah Artikel 9 Tips Blogging yang Mungkin Belum Pernah Anda Dengar Sebelumnya

Mudah-mudahan tutorial 9 Tips Blogging yang Mungkin Belum Pernah Anda Dengar Sebelumnya Kali ini, bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya. Dan jangan lupa share tutorial ini agar semakin berguna bagi orang banyak.

Anda sekarang membaca artikel 9 Tips Blogging yang Mungkin Belum Pernah Anda Dengar Sebelumnya dengan alamat link https://www.gadgetplus.my.id/2021/12/9-tips-blogging-yang-mungkin-belum.html
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar