Skip to main content

Apa itu backlink dan bagaimana cara membangunnya?

Apa itu backlink dan bagaimana cara membangunnya? - Hallo sahabat Gadgetplus, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Apa itu backlink dan bagaimana cara membangunnya?, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel SEO, Artikel SEO Offpage, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Apa itu backlink dan bagaimana cara membangunnya?
link : Apa itu backlink dan bagaimana cara membangunnya?

Baca juga


Apa itu backlink dan bagaimana cara membangunnya?

Salah satu faktor yang masih berpengaruh meningkatkan rangking halaman situs di hasil pencarian adalah peranan backlink, backlink bisa diibaratkan tenaga atau vitamin yang dapat mensupport halaman situs agar mudah untuk ditemukan di mesin pencari, backlink sendiri dapat diartikan sebagai link yang menuju situs milik kita yang kita letakan di situs orang lain, dan istilah lain dari backlink adalah inbound link atau ada juga yang menyebut sebagai link masuk.

Sebuah link bisa ada di situs orang lain karena beberapa hal, link tersebut ada karena diletakan secara natural oleh sipemilik situs yang bersangkutan karena dia menganggap situs yang dirujuk oleh link tersebut adalah situs yang bermanfaat, atau bahkan bisa dibangun oleh si pemilik blog itu sendiri karena menginginkan blognya cepat populer, oleh karena itu membangun backlink yang berkualitas adalah agenda wajib blogger untuk membuat situs atau blog nya mudah ditemukan dimesin pencari.

Cara Perbedaan backlink dofollow dan nofollow
  • Cara mengetahui blog dofollow dan nofollow
  •  

    Bagaimana cara membangun backlink?

    Setelah anda memahami penertian backlink dan bagaimana cara membuatnya, apa yang harus anda lakukan selanjutnya adalah bagaimana cara membangun backlink.

    Para praktisi seo biasa mengistilahkan dengan kata membangun / membangun backlink (backlink building), karena ini berhubungan dengan upaya kita  bagaimana cara sebuah link yang menuju situs kita bisa kita letakan di situs orang lain,

    Kenapa backlink harus dibangun?,

    ya karena jika kita hanya menunggu orang lain untuk meletakan link menuju ke situs kita secara natural atas kemauan pemilik situs yang bersangkutan barangkali bisa membutuhkan waktu yang lama, itu juga jika artikel blog kita dianggap sangat bermanfaat oleh mereka, jika tidak maka peluang orang lain membuat link ke situs kita persentasinya mungkin hanya 0.0000x% saja, kemungkinannya sangat kecil sekali, oleh sebab itu salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan cara membangun backlink tersebut. Berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membangun backlink:

    a. Melalui Aktivitas Blogwalking

    Blogwalking adalah aktivitas mengunjungi blog lain dan berkomentar didalamnya, melalui aktivitas ini sekaligus  kita bisa meletakan link didalam kotak komentar blog atau didalam name url komentar, cara ini merupakan cara kuno yang biasa dilakukan dari dulu dan masih sering dilakukan sampai saat ini.

    Jika anda memilih cara ini sebaiknya anda memperhatikan aturan main situs yang bersangkutan, jika dilarang meletakan link, jangan coba-coba anda lakukan, jika diperbolehkan anda bisa meletakan backlink didalam komentar yang anda buat, buatlah komentar yang relevan dengan artikel yang bersangkutan dan buatlah sepanjang mungkin agar komentar anda di approve.

    Untuk membangun backlink dengan cara ini sebaiknya anda memilih blog yang memang benar-benar membahas topik yang relevan dengan blog yang anda miliki, namun tetap harus hati-hati, jangan terlalu membabibuta melakukan cara ini cukup sewajarnya saja dan jangan sering-sering.

    Untuk melakukan cara ini anda harus menemukan blog target untuk anda komentari dan untuk anda letakan link didalamnya.

    b. Melalui guest blogging

    Guest blogging adalah membuat artikel postingan kemudian artikel postingan tersebut kita terbitkan di blog orang lain tentunya atas seizin si empunya blog, di dalam artikel yang dibuat kita bisa menyisipkan klink yang menuju situs kita.

    Banyak tersedia blog-blog yang gratis mempersilahkan para blogger lain untuk berkontribusi menyumbang artikel, namun ada juga yang berbayar tergantung blognya, peletakan backlink melalui aktivitas guest blogging adalah salah satu paporite para whitehat seo dan cara ini adalah salah satu yang dapat menghasilkan backlink yang benar-benar berkualitas tinggi. (salah satu backlink berkualitas adalah baclink didalam artikel yang diterbitkan disitus yang sudah memiliki reputasi baik dimata mesin pencari dan membahas topik yang sama dengan link halaman blog yang dituju).

    Jika anda menyukai cara ini, silahkan cari terget blog atau situs yang membahas topik relevan dengan blog anda.

    c. Berinteraksi di forum online

    Untuk membangun backlink berkualitas anda juga bisa memanfaatkan keberadaan situs forum online, forum online pada umumnya akan memberikan kesempatan kepada setiap membernya untuk menerbitkan artikel didalam forum tersebut.

    Di situs Forum online anda bisa membuat artikel dengan meletakan backlink ke situs atau blog anda, bahkan selain kita bisa meletakan backlink di dalam artikel, ada beberapa forum online yang memberikan fasilitas signatur didalamnya sehingga kita akan mendapatkan backlink dari signatur yang kita pasang pada situs forum online tersebut.

    Ada beberapa forum online yang cukup bagus untuk anda gunakan dalam mendapatkan backlink diantaranya adalah sebagai berikut:
    •  EOcommunity.com: Forum utk event orginizer dan general topik
    •  Forum.kompas.com: Forum di situs kompas.com 
    •  Bersosial.com : Forum diskusi online Indonesia
    •  Forum.detik.com: Forum di situs detik.com
    •  Kaskus.com: forum populer indonesia
    •  Pengusaha.co: Forum diskusi dan jual beli (update: saat ini link dari forum ini sudah Nofollow)
    •  Dan lain-lain
    Untuk mendapatkan backlink dari forum-forum diatas, pertama anda harus bergabung menjadi membernya, kemudian anda baru bisa menerbitkan artikel didalamnya.

    Sebenarnya masih banyak teknik untuk membangun backlink silahkan anda eksplore.


    Strategi membangun backlink

    Untuk membangun backlik memang tidak semudah membalikan telapak tangan perlu usaha dan kerja keras dan biasanya akan memakan waktu serta membutuhkan proses, untuk membangun backlink pertama kita harus menemukan blog target yang akan kita letakan backlink didalamnya, yang kedua kita harus menyiapkan url-url artikel beserta anchor textnya yang akan dijadikan link untuk diletakan disitus orang lain, setelah blog target ditemukan baru kita bisa meletakan link url blog kita disitus mereka.

    Untuk membangun backlink tidak bisa kita lakukan sembarangan, ada teknik, trik dan strategi khusus yang harus kita perhatikan, diantaranya adalah sebagai berikut:


    1. Situs target untuk meletakan backlink (sumber backlink)

    Untuk meletakan backlink sebaiknya memilih blog atau situs yang memiliki topik relevan dengan blog atau artikel yang ingin kita promosikan, dengan demikian backlink akan dianggap berkualitas dan efeknya atau pengaruhnya akan sangat besar sekali untuk meningkatkan rangking halaman situs di hasil pencarian.

    2. Persentase penggunaan anchor text

    Membuat backlink ada aturan mainnya, terutama penggunaan anchor text, sebaiknya tidak dilakukan sembarangan karena jika salah sedikit saja maka bisa dianggap menyalahi kaidah google webmaster guidelines tentang penyalahgunaan Cara membangun backlink yang aman untuk blog anda.

    4. Jenis backlink (dofollow atau nofollow)

    Agar backlink kelihatan natural anda harus membuat backlink dengan menggunakan dua jenis backlink tersebut (dofollow atau nofollow) kedua backlink tersebut bisa ikut andil dalam memperbaiki rangking halaman situs di hasil pencarian.

    e. Arah link yang dituju

    Dalam mambangun backlink sebaiknya perhatikan juga arah link, bisa anda tujukan untuk homepage dan bisa anda tujukan untuk artikel, dua-duanya harus mendapatkan porsi yang sama, jika diarahkan ke homepage berarti untuk memperkuat situs blog, sedangkan jika ke artikel bisa memperkuat artikel blog yang bersangkutan, beberapa praktisi seo menyarankan persentase pembagian distribusi backlink sebagai berikut:

    • Menuju homepage kisaran 20-50%
    • Menuju artikel blog kisaran 50-80%
    Duaduanya harus mendapat porsi yang cukup agar ferforma yang blog seimbang.

    setelah anda berhasil memahami apa itu backlink dan bagaimana cara membangunnya, bisa anda jadikan panduan untuk membangun backlink ke situs atau blog anda, intinya dalam membangun backlink jangan terlalu berlebihan dan buat senatural mungkin seolah-olah backlink tersebut alami dan buakan dibuat secara manual oleh anda sendiri, silahkan dicoba semoga dapat membantu meningkatkan popularitas blog anda dihasil pencarian.


    Demikianlah Artikel Apa itu backlink dan bagaimana cara membangunnya?

    Mudah-mudahan tutorial Apa itu backlink dan bagaimana cara membangunnya? Kali ini, bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya. Dan jangan lupa share tutorial ini agar semakin berguna bagi orang banyak.

    Anda sekarang membaca artikel Apa itu backlink dan bagaimana cara membangunnya? dengan alamat link https://www.gadgetplus.my.id/2021/12/apa-itu-backlink-dan-bagaimana-cara.html
    Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
    Buka Komentar
    Tutup Komentar