Skip to main content

Cara agar artikel postingan blog tidak bisa dikopi paste

Cara agar artikel postingan blog tidak bisa dikopi paste - Hallo sahabat Gadgetplus, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara agar artikel postingan blog tidak bisa dikopi paste, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Blogger Tips, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara agar artikel postingan blog tidak bisa dikopi paste
link : Cara agar artikel postingan blog tidak bisa dikopi paste

Baca juga


Cara agar artikel postingan blog tidak bisa dikopi paste

Tips cara membuat postingan blog tidak bisa dikopi paste - Apa jadinya ketika artikel original kita yang sudah susah payah kita buat dengan peras otak banting jari tiba-tiba ketauan sudah dikopi paste oleh blogger pengambil kontent yang tidak bertanggung jawab, mekipun untuk yang mengambil konten sudah diberikan peringatan namun tidak sedikit dari mereka tidak mengindahkan peringatan yang sudah kita buat, pada akhirnya, kita dengan terpaksa harus merelakan artikel berkualitas kita muncul di blog lainnya, apalagi artikel kita sepenuhnya langsung dikopi paste tanpa ada modifikasi judul dan isi artikel, sempat terjadi untuk artikel saya, saya menemukan hampir semua artikel di kopi paste dan dipindahkan semuanya dengan judul yang sama dan sepertinya tanpa adanya modifikasi sedikitpun.

Meskipun tak sedikit yang tidak mempermasalahkan tindakan Copy paste, namun yang namanya mengambil hasil karya tanpa ada izin dari sang empunya tetap saja dianggap sebagai tindakan ilegal.
sebetulnya saya sendiri tidak mempermasalahkan tindakan copy paste terutama yang lakukan di blog ini, asalkan anda menyertakan link dofollow aktif artikel yang di copas sebagai sumbernya, dan yang harus diingat anda harus memodifikasi judul artikel agar tidak terlalu sama, karena dengan cara seperti itu kita bisa saling menghargai hasil banting jari sesama blogger.

Cara memprotek postingan blog tidak bisa di copy paste

Jika anda kebetulan mengalami hal yang sama seperti apa yang pernah saya alami. berikut tips yang bisa digunakan untuk menghindari pengambilan konten dengan cara memprotek postingan blog agar tidak bisa dikopi paste secara langsung, ada dua cara yang bisa kita gunakan, cara pertama adalah dengan menggunakan kode CSS (Cascade Style Sheet), cara kedua adalah dengan menggunakan javascript, berikut langkah-langkahnya:

1. Menggunakan Script CSS 

Salah satu cara yang bisa kita gunakan agar artikel postingan tidak bisa dikopi paste adalah dengan menggunakan script CSS, css sebenarnya digunakan untuk mengatur tata letak halaman situs sekaligus mengelola design atau mendekorasi halaman situs, namun CSS bisa kita gunakan untuk membuat artikel postingan tidak bisa di kopi paste secara langsung, berikut langkah-langkahnya:

 a .Silahkan anda masuk ke halaman akun blog anda.

 b. pada bilah menu sebelah kiri pilih menu "Template" kemudian cari dan tekan tombol "Edit HTML"

c. pada editor template tekan tombol CTRL+F untuk melakukan pencarian dan cari block kode "]]>", tanpa tanda kutip, kemudian kopi kode CSS berikut, letakan tepat diatas sebelum block kode tersebut:

body{display:block;
-khtml-user-select:none;
-webkit-user-select:none;
-moz-user-select:none;
-ms-user-select:none;
-o-user-select:none;
user-select:none;
unselectable:on;}

Jika anda menerapkan kode diatas, maka seluruh tampilan blog menjadi tidak dapat di seleksi dan tidak dapat dikopi paste itu karena kode diatas kita pasang di TAG body, yang menyebabkan seluruh tampilan halaman tidak dapat diseleksi, tentu saja untuk kasus-kasus tertentu cara diatas kurang efektif, jika anda bermaksud untuk menonaktifkan (unselectable) hanya sebagian area saja maka anda harus pasang kode diatas untuk TAG tertentu yang anda ingin dinonaktifkan.

Namun untuk menerapkannya anda harus mengetahui tag-tag blog anda, untuk mengetahuinya anda bisa menggunakan fasilitas inspeksi element pada browser anda.

 Misalkan, anda ingin menonaktifkan hanya bagian postingan saja menjadi tidak dapat diseleksi, namun jika terdapat Quote didalam postingan harus bisa diseleksi, langkah-langkahnya adalah:

1. Silahkan cari nama TAG HTML untuk struktur postingan anda baik itu ID maupun classnya, misal nama tag id untuk postingan anda adalah
id='post' ..... sedangkan nama tag id untuk quote postingan anda adalah
class='my-quote', maka untuk menonaktifkan postingan kecuali quote harus tetap aktif adalah sebagai berikut:

-Agar postingan anda tidak dapat dikopi paste, maka pasang kode diatas untuk tag HTML postingan anda melalui ID tag (id='post'), lihat ilustrasi diatas, kode yang harus anda pasang adalah sebagai berikut:
#post{display:block;
-khtml-user-select:none;
-webkit-user-select:none;
-moz-user-select:none;
-ms-user-select:none;
-o-user-select:none;
user-select:none;
unselectable:on;}
Jika anda hanya memasang kode diatas, maka seluruh area yang ada didalam postingan menjadi tidak bisa dikopi paste, oleh karena itu jika anda menginginkan beberapa bagian didalam area postingan, misalnya quote ingin tetap bisa di seleksi dan di kopi paste, maka anda tambahkan lagi kode dibawah ini:

-Agar Quote yang ada didalam postingan aktif, maka anda harus memasang kode tersebut di TAG HTML untuk Quote, dalam hal ini kita pasang di attribut kelasnya, kode yang harus anda pasang selanjutnya adalah:

#post .my-quote{display:block;
-khtml-user-select:text;
-webkit-user-select:text;
-moz-user-select:text;
-ms-user-select:text;
-o-user-select:text;
user-select:text;
unselectable:off;}
oh ya, kode diatas tentu saja disarankan diletakan sebelu kode dan bungkus kode diatas diantara kode


2. Menggunakan Kode JavaScript

Javascript digunakan sebenarnya untuk membuat halaman situs lebih interaktif, memberikan sentuhan animasi dan lainnya, selain itu javascript bisa kita gunakan untuk membuat artikel postingan blog tidak dapat dikopi paste, atau artikel postingan kita tetap dapat dikopi paste namun ketika dikopi secara otomatis, link sumber akan disertakan, berikut langkah-langkahnya:

 a .Silahkan anda masuk ke halaman akun blog anda.

 b. pada bilah menu sebelah kiri pilih menu "Template" kemudian cari dan tekan tombol "Edit HTML"

c. pada editor template tekan tombol CTRL+F untuk melakukan pencarian dan cari block kode "", tanpa tanda kutip, kemudian gunakan kode javascript berikut, letakan tepat diatas sebelum block kode tersebut:

 

Sekarang anda sudah mengetahui cara menghindari kopi paste dengan kedua cara diatas, lantas mana yang lebih baik, menurut saya pribadi yang lebih baik adalah yang menggunakan kode CSS, kelemahan menggunakan kode Javascript adalah bisa diakali dengan mendisable javascript pada browser, kopi paste akan tetap berjalan, kedua-duanya perlu dicoba, jika perlu gunakan kedua script diatas.
 
Demikian apa yang bisa saya share tentang  Cara agar artikel blog tidak bisa dikopi paste, semoga bermanfaat.


Demikianlah Artikel Cara agar artikel postingan blog tidak bisa dikopi paste

Mudah-mudahan tutorial Cara agar artikel postingan blog tidak bisa dikopi paste Kali ini, bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya. Dan jangan lupa share tutorial ini agar semakin berguna bagi orang banyak.

Anda sekarang membaca artikel Cara agar artikel postingan blog tidak bisa dikopi paste dengan alamat link https://www.gadgetplus.my.id/2021/12/cara-agar-artikel-postingan-blog-tidak.html
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar