Skip to main content

Cara Memasang Facebook Open Graph di Blogspot

Cara Memasang Facebook Open Graph di Blogspot - Hallo sahabat Gadgetplus, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Memasang Facebook Open Graph di Blogspot, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Blogger Tips, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Memasang Facebook Open Graph di Blogspot
link : Cara Memasang Facebook Open Graph di Blogspot

Baca juga


Cara Memasang Facebook Open Graph di Blogspot

Facebook Open Graph sebenarnya adalah kode khusus berupa meta tag HTML yang menggunakan aturan yang disesuaikan dengan standar facebook, kode ini dapat diletakan di template blog anda baik itu blog berflatform blogspot, wordpress dan blog lainnya, kode ini digunakan untuk menyimpan informasi khusus yang dapat dibaca dan dikenali oleh plugin facebook.

Jika anda memasang facebook sosial media sharing pada halaman blog anda, maka kode facebook open graph setidaknya harus anda letakan juga di template blog anda, tujuannya adalah agar facebook dapat membaca dan mengenali setiap informasi yang terdapat di dalam halaman blog tersebut untuk dishare.

Ketika pengunjung blog anda melakukan share halaman artikel postingan tersebut melalui tombol share facebook yang tersedia, maka
7. og:site_name
Kode open graph ini dapat digunakan untuk meletakan nama situs dari artikel blog yang akan dishare. kode ini akan dibaca oleh facebook untuk mendapatkan nama situs atau blog yang melakukan share.
Contoh Penggunaan:
8. fb:admins
kode ini bisa anda gunakan untuk mengaitkan halaman facebook anda dengan blog, agar setiap interaksi fans page blog anda terhadap blog yang anda share statisticnya dapat diktahui secara detail.
Contoh Penggunaan:
 

Jika anda ingin menghasilkan konten share yang menarik dilengkapi gambar maka, selain tombol share facebook, kode open graph facebook diatas wajib anda pasang juga pada template blogspot anda.

Cara Memasang Facebook Open Graph pada blogspot anda? 

Berikut langkah-langkah memasang kode facebook openg raph yang benar di template blogspot anda:

1. Pasanglah kode open graph dibawah ini jika didalam halaman artikel anda anda memasang tombol facebook share.

1. Pastikan bahwa di template blog anda belum terpasang facebook open graph.

2. Masuk ke akun blogspot anda, dibilah menu sisi kiri pilih menu Template kemudian tekan tombol Edit HTML untuk masuk ke editor template blog anda.

3. Klik editor template blog anda, tekan CTRL + F, untuk mengaktifkan fasilitas pencarian, silahkan cari kode :
4. Letakan kode dibawah ini diatas kode
 
















Kode diatas akan menggenerate konten share facebook secara otomatis menggunakan gambar, judul dan deskripsi (diambil dari meta deskripsi artikel yang akan dishare), gambar yang akan digunakan adalah gambar yang anda share pada artikel tersebut.

Jangan lupa Silahkan anda ganti id_facebook dengan id facebook anda, jika kebetulan anda belum memiliki akan facebook, silahkan anda buat dulu akun facebook:

Anda bisa baca:
cara membuat akun facebook terbaru

Jika anda sudah memiliki salah satu akun facebook, untuk mendapatkan id facebook anda langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Masuk ke akun facebook anda.
b. pada menu nama anda, kemudian klik kanan, kemudian pilih sub menu "Salin Lokasi Tautan, misal facebook punya saya:

https://www.facebook.com/ajidin

Sebagai contoh facebook punya saya diatas, anda tinggal hapus tulisan https://www.facebook.com/ sehingga hanya menghasilkan idnya saja  contoh diatas ajidin, setelah itu silahkan anda ganti id_facebook_anda dengan id anda sebagai contoh id punya saya yaitu ajidin. menjadi kurang lebih seperti ini:

 Jika sudah silahkan anda simpan template blog anda.


5. Untuk mengetes kinerja facebook open graph yang anda buat, silahkan anda pilih pilih artikel yang anda sertakan gambar didalamnya, tekan tombol facebook share pada halaman blog anda tersebut, jika konten facebook share menampilkan gambar, judul dan deskripsi seperti gambar diatas berarti kode facebook open graph yang anda pasang sudah benar.

atau anda bisa menggunakan cara lainnya, yaitu dengan mengunjungi halaman object debug facebook.

kemudian silahkan anda masukan url halaman artikel blog yang ingin anda lihat konten share facebook untuk halaman tersebut,  kemudian tekan tombol debug:

Jika tidak menhasilkan warning error berarti kode opengrap yang anda pasang sudah benar.


Demikian artikel tentang Cara Mudah Memasang Facebook Open graph di blogspot, semoga bermanfaat.


Demikianlah Artikel Cara Memasang Facebook Open Graph di Blogspot

Mudah-mudahan tutorial Cara Memasang Facebook Open Graph di Blogspot Kali ini, bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya. Dan jangan lupa share tutorial ini agar semakin berguna bagi orang banyak.

Anda sekarang membaca artikel Cara Memasang Facebook Open Graph di Blogspot dengan alamat link https://www.gadgetplus.my.id/2021/12/cara-memasang-facebook-open-graph-di.html
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar