Skip to main content

Cara memasang plugin Prettify Syntax Highlighter pada blog

Cara memasang plugin Prettify Syntax Highlighter pada blog - Hallo sahabat Gadgetplus, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara memasang plugin Prettify Syntax Highlighter pada blog, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Blogger Tips, Artikel Optimasi blog, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara memasang plugin Prettify Syntax Highlighter pada blog
link : Cara memasang plugin Prettify Syntax Highlighter pada blog

Baca juga


Cara memasang plugin Prettify Syntax Highlighter pada blog


Plugin Syntax highlighter berfungsi untuk menampilkan potongan code bahasa pemrograman yang kita tempel pada positngan blog agar text script code kelihatan berbeda dengan tulisan yang bukan script code, jika blog kita adalah blog untuk membahas mengenai bahasa pemrograman misalnya, maka plugin syntax higlighter wajib anda pasang, karena setiap uraian script kode bahasa pemrograman yang ditempel pada postingan blog akan disajikan dengan format penulisan yang berbeda sehingga mudah untuk dibaca dan enak untuk dilihat.

Banyak sekali plugin syntax higlighter yang bisa kita pasang, salah satu yang saya sukai adalahPrettify”. karena plugin yang satu ini boleh dibilang ringan, tidak banyak menggunakan external javascript dan mudah untuk memasangnya.

Langkah Memasang plugin Prettify pada blog

Sebagai contoh jika anda berhasil memasang plugin prettify ini maka hasilnya seperti tampilan dibawah ini. anda bisa lihat script blog yang dihiglight menggunakan plugin tersebut.
Bagaimana cara memasang plugin syntax highlighter pada blog berflatform blogspot dengan menggunakan plugin "Prettify". berikut langkah-langkahnya:


1. masuk ke akun blogger anda, kemudian Pilih Menu Template dan Tekan Tombol Edit HTML.

2. Pada template Editor silahkan Tekan Tombol CTRL+F untuk melakukan pencarian

3. Cari kode kemudian silahkan anda sisipkan script dibawah ini tepat sebelum kode .


4. Cari Kode dan sisikap kode dibawah ini sebelum kode

 /*SYNTAX HIGHLIGHTER*/   

5. Cari kode ]]> dan sisipkan kode dibawah sebelum kode tersebut. Ini untuk memanipulasi tampilan snipet, anda bisa memodifikasi css berikut sesuai dengan keinginan.

/*SYNTAX HIGHLIGHTER*/ pre.prettyprint, code.prettyprint {  background-color: black;  padding:5px;  color #fff;  border:1px solid gray;  overflow:auto;  pre .nocode {  background-color: none;  color: #000  } pre .str {   color: #FFC0CB  } pre .kwd {  color: #f0e68c;  font-weight: bold  } pre .com {  color: #87ceeb  } pre .typ {  color: #98fb98  } pre .lit {  color: #FFA07A  } pre .pun {  color: #fff  } pre .pln {  color: #fff  } pre .tag {  color: #f0e68c;  } pre .atn {  color: #bdb76b;  font-weight: bold  } pre .atv {  color: #90EE90  } pre .dec {  color: #98fb98  } ol.linenums { /* IE indents via margin-left */  margin-top: 0;  margin-bottom: 0;  color: #AEAEAE  } li.L0,li.L1,li.L2,li.L3,li.L5,li.L6,li.L7,li.L8 { } li.L1,li.L3,li.L5,li.L7,li.L9 { /* Alternate shading for lines */  background:#555; }
6. Untuk code yang ingin di highlight,gunakan mode HTML pada editor artikel anda dan letakan potongan kode diantara tag
 seperti contoh dibawah ini:

 //kode disini ...... 



Demikianlah Artikel Cara memasang plugin Prettify Syntax Highlighter pada blog

Mudah-mudahan tutorial Cara memasang plugin Prettify Syntax Highlighter pada blog Kali ini, bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya. Dan jangan lupa share tutorial ini agar semakin berguna bagi orang banyak.

Anda sekarang membaca artikel Cara memasang plugin Prettify Syntax Highlighter pada blog dengan alamat link https://www.gadgetplus.my.id/2021/12/cara-memasang-plugin-prettify-syntax.html
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar