Skip to main content

Kenapa Blogspot.com dialihkan menjadi .co.id - apa penyebabnya dan bagaimana mengatasinya

Kenapa Blogspot.com dialihkan menjadi .co.id - apa penyebabnya dan bagaimana mengatasinya - Hallo sahabat Gadgetplus, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Kenapa Blogspot.com dialihkan menjadi .co.id - apa penyebabnya dan bagaimana mengatasinya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Adsense, Artikel Blogger Tips, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Kenapa Blogspot.com dialihkan menjadi .co.id - apa penyebabnya dan bagaimana mengatasinya
link : Kenapa Blogspot.com dialihkan menjadi .co.id - apa penyebabnya dan bagaimana mengatasinya

Baca juga


Kenapa Blogspot.com dialihkan menjadi .co.id - apa penyebabnya dan bagaimana mengatasinya

Sepertinya hari ini 3 september 2015 sore, banyak para blogger termasuk saya yang kebetulan memiliki blog berflatform blogspot.com dikagetkan  karena adanya pengalihan dari domain dari blogspot.com menjadi blogspot.co.id, entah dimulai jam berapa, saya sendiri mulai menyadarinya ketika menerima pesan bahwa iklan google AdSense yang diletakan di blog menjadi blank hanya ruang kosong saja, sempat berfikir buruk mungkin ini indikasi akun google adsense akan kena penalty, (Semoga tidak terjadi), dan setelah saya cek ternyata memang benar- iklan adsense tidak mau tampil, dan pendapatan adsense pun secara otomatis tidak bertambah.

Saya sendiri sempat kaget, dan pada awalnya sama sekali tidak tau menau apa penyebabnya,bahkan beberapa menit saya berusaha untuk mencopot iklan adsense karena khawatir terjadi apa-apa terhadap akun adsense yang saya meiliki (semoga tidak), saya mulai sadar ketika melirik domain halaman blogspot yang saya akses ternyata sudah berubah menjadi blogspot.co.id, mulai berfikir apa penyebabnya kenapa bisa redirect otomatis ke blogspot.co.id, apakah ini hanya terjadi pada blog saya saja atau apakah google sedang melakukan perubahan besar-besaran.

Dan saya mulai menyadari  bahwa kemungkinan besar hilangnya tampilan iklan google adsense menjadi ruang kosong saja bisa jadi penyebabnya adalah karena adanya pengalihan domain otomatis dari .com menjadi co.id, sehingga iklan adsense untuk sementara tidak mau tampil.

Selidik punya selidik untuk mengatasi rasa penasaran saya mencoba untuk mencari tau apa yang sebenarnya terjadi, dan ternyata setelah mengunjungi beberapa forum banyak blogger yang mengalami hal yang sama dimain blogspotnya berubah dan iklan adsense tidak mau tampil.

Isu Blogspot.com menjadi Blogspot.co.id ternyata sudah mulai diperbincangkan di tahun 2012 - 2013

Adanya rencana perubahan dari blogspot.com menjadi blogspot.co.id isu ini sebenarnya sudah merebak pada tahun 2012, pengalihan url blogspot.com sebenarnya sudah di berlakukan untuk beberapa negara misal blogspot.com untuk amerika, blogspot.de untuk jerman dll, namun untuk negara indonesia sepertinya baru diberlakukan hari dari blogspor.com beralih menjadi.co.id, tujuan pengalihan domain dari .com menjadi co.id Memahami duplicat content pada blog


Bagaimana Cara Mencegah Redirect otomatis dari blogspot.com mejadi blogspot.co.id?

Untuk beberapa alasan pengalihan domain blogspot kadang tidak diinginkan, lantas apakah bisa dipertahankan agar domain tetap seperti semula (blogspot.com), jika anda kebetulan ingin mencegah blog anda redirect secara otomatis menjadi blogspot.co.id maka anda bisa memasang script khusus pada template blogspot anda, sehingga ketika halaman blogspot diakses akan tetap blogspot.com tidak berubah.

Berikut angkah-langkah memasang script untuk mencegah  redirect otomatis pada blog anda:

a. Masuk ke akun blogspot anda
b. pada bilah menu sisi kir pilih menu template, kemudian edit html.
c. Tekan CTRL+F untuk mengaktifkan fasilitas pencarian kode template.
d. Cari kode kemudian letakan kode dibawah ini tepat  dibawah kode

atau kode dibawah ini:


UPDATE:

Apakah Redirect Seperti diatas Tidak akan berdampak buruk untuk blog dan Adsense?

Salah satu kemungkinan buruk melakukan redirect adalah berpotensi melanggar pedoman google webmaster guideline, namun kita harus bisa melihat dulu apakah teknik diatas dianggap melanggar atau tidak ?,

Google pernah memaparkan masalah redirect terutama redirect yang dapat memicu penalty dan menyalahi pedoman google webmaster atau lebih dikenal dengan sneaky redirect (redirect untuk tujuan llclk)

Sperti apa sneaky redirect itu?

Tindakan redirect akan dianggap sneaky redirect (sangat tidak dianjurkan) jika tujuan redirect hanya untuk mengelabui pengunjung dan mesin pencari.

Salah satu contohnya adalah melakukan redirect ke halaman url blog berbeda yang menyajikan konten yang berbeda dan tidak relevan sama sekali, dengan tujuan untuk mengelabui atau menipu pengunjung dan juga mesin pencari,

jika anda melakukan redirect semacam itu maka sudah dipastikan bisa memicu penalty google.

Lantas bagaimana dengan teknik redirect untuk mencegah domain.co.id diatas, apakah bisa memicu penalty, untuk masalah ini memang google tidak memberikan penjelasannya secara detail dan spesifik namun bisa kita lihat bahwa redirect semacam ini bukan ditujukan untuk mengelabui pengunjung dan pengunjung masih tetap bisa disuguhkan dengan halaman yang sama dan relevan, redirect semacam ini sama halnya dengan redirect custom domain yang diperbolehkan.

Beberapa redirect yang diperbolehkan diantaranya sebagai berikut:
- melakukan redirect ke halaman utama setelah login
- Melakukan redirect jika tidak memiliki akses ke server utama (jika server sedang down)
- Melakukan redirect ketika melakukan custom domain.

Apakah dampaknya untuk adsense?

Salah satu kenapa harus mencegah redirect country domain (co.id) adalah untuk publisher adsense yang masih memiliki akun google adsense hosted, iklan adsense belum bisa tampil, entah sampai kapan, jika dibiarkan tentu saja akan mengurangi pendapatan adsense yang akan kita peroleh, beberapa alternatid agar iklan adsense bisa tampil di domain blogspot.co.id adalah mengupgrade akun adsense hingga menjadi akun adsense non-hosted (tentu perlu waktu) atau mencegah redirect ke country domain, sehingga ketika blog diakses tetap menggunakan domain blogspot.com,

Apa dampaknya jika melakukan redirect country domain (blogspot.co.id) ke blogspot.com, apakah ada masalah untuk adsense?

Saya sendiri belum menemukan penjelasan dari pihak google secara spesifik, namun ada banyak sekali yang menyajikan artikel tentang cara melakukan pencegahan redirect country domain dan juga banyak sekali ditemukan artikel testimoni terutama dari blogger india, yang menganjurkan untuk mencegah redirect country domain,
mereka menyebutkan bahwa adsense akan berjalan normal dan nilai CPC adsense berjalan seperti biasa.


Jika anda memiliki pendapat dan memiliki referensi yang tepat mengenai pencegahan pengalihan country domain terutama dampak postif maupun negatif, silahkan berbagi


Demikian informasi mengenai Kenapa Blogspot.com dialihkan menjadi .co.id - apa penyebabnya dan bagaimana mengatasinyad, semoga bermanfaat.



Demikianlah Artikel Kenapa Blogspot.com dialihkan menjadi .co.id - apa penyebabnya dan bagaimana mengatasinya

Mudah-mudahan tutorial Kenapa Blogspot.com dialihkan menjadi .co.id - apa penyebabnya dan bagaimana mengatasinya Kali ini, bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya. Dan jangan lupa share tutorial ini agar semakin berguna bagi orang banyak.

Anda sekarang membaca artikel Kenapa Blogspot.com dialihkan menjadi .co.id - apa penyebabnya dan bagaimana mengatasinya dengan alamat link https://www.gadgetplus.my.id/2021/12/kenapa-blogspotcom-dialihkan-menjadi.html
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar