Skip to main content

Membuat Halaman statis (Static Page) pada blog: baru

Membuat Halaman statis (Static Page) pada blog: baru - Hallo sahabat Gadgetplus, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Membuat Halaman statis (Static Page) pada blog: baru, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Blogger Tips, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Membuat Halaman statis (Static Page) pada blog: baru
link : Membuat Halaman statis (Static Page) pada blog: baru

Baca juga


Membuat Halaman statis (Static Page) pada blog: baru


Membuat Halaman statis (Static Page) pada blog: baru - Ketika kita membuat konten di blog, baik itu pada blog berflatform blogspot, wordpres maupun flatform lainnya, pada umumnya ada dua halaman yang bisa kita gunakan untuk menerbitkan konten, yaitu halaman statis (static page) dan halaman dinamis (dynamic page).
Apa itu halaman statis (static page) ?, Halaman statis adalah halaman yang sifatnya berdiri sendiri, tidak masuk ke dalam history postingan dan tidak dihitung sebagai postingan, sehingga tidak akan nampak pada arsip blog ataupun widget artikel lainnya, halaman statis page sangat cocok digunakan untuk menerbitkan informasi yang terkait dengan blog, seperti misal about, privacy policy dan lainnya, halaman statis pada umumnya tidak akan diindex atau tidak dikehendaki untuk diindex oleh mesin pencari, halaman statis baru dapat dibaca ketika pengunjung sudah memasuki blog yang kita miliki.

Lain  halnya dengan halaman dinamis, halaman dinamis adalah halaman yang memiliki potensi masuk kedalam hostory postingan, sehingga akan muncul dan dihitung sebagai postingan dan nampak pada arsip blog, popular post maupun widget artikel lainnya, halaman dinamis berpotensi untuk diindex mesin pencari dan dapat dengan mudah kita temukan dengan bantuan mesin pencari seperti halnya google, karena halaman dinamis berpotensi untuk diindex dan disukai oleh mesin pencari, biasanya pada halaman dinamis sengaja kita libatkan factor optimasi SEO didalamnya.

Perbedaan halaman statis dan dinamis

Secara umum kita dapat membedakan halaman statis dan halaman dinamis, dengan membedakan kedua halaman tersebut, kita akan lebih tepat memilih kapan menggunakan halaman statis dan kapan harus menggunakan halaman dinamis, berikut perbedaan kedua halaman tersebut:

a. Halaman Statis
  •  Pada umumnya tidak dikehendaki untuk diindex oleh mesin pencari
  • Sulit ditemukan oleh mesin pencari
  • Sifatnya independen berdiri sendiri dan tidak masuk ke dalam history postingan
  • Tidak dilengkapi dengan atribute waktu penerbitan dan author
  • Tidak cocok digunakan untuk menerbitkan artikel
  • Tidak perlu melibatkan optimasi SEO didalamnya.
  • Alamat URL halaman statis berbeda dengan alaman url halaman dinamis artikel, halaman statis pada umunya memiliki url: nama_blog.blogspot.com/p/judul_halaman_statis.html, sedangkan untuk halaman dinamis (halaman yang kita buat untuk menerbitkan artikel) pada umumnya memiliki alamat url: nama_blog.blogspot.com/tahun/bulan/judul_artikel.html

b. Halaman dinamis
  •  Punya potensi untuk diindex oleh google
  • Setiap kali kita menerbitkan artikel, maka halaman tersebut masuk kedalam history postingan
  • Selalu dilengkapi dengna attribute author dan waktu penerbitan
  • Cocok digunakan untuk membuat artikel
  • Pada umumnya selalu dilibatkan optimasi SEO onpage didalamnya.

 

Kapan kita harus menggunakan halaman statis

Dalam menerbitkan sebuah tulisan memang kita sebaiknya harus bisa membedakan apakah isi tulisan yang akan kita buat adalah sebuah artikel atau hanya informasi untuk melengkapi blog saja, jika tulisan tersebut adalah artikel artinya tulisan yang membahas suatu hal yang diupayakan untuk ditemukan oeleh mesin pencari, atau yang biasa kita promosikan agar popular, sebaiknya kita menggunakan halaman dinamis, sedangkan jika tulisan itu sifatnya pribadi, hanya bisa diakses ketika pengunjung sudah masuk ke halaman blog kita, sebagai contoh misalkan, halaman about, halaman kebijakan privasi, term of service atau halaman panduan beriklan dan lain sebagainya, sebaiknya halaman seperti itu kita buat sebagai halaman static saja.

Cara Membuat halaman statis pada blogspot terbaru

Sebenarnya untuk membuat halaman statis khususnya pada blog dengan flatform blogger atau blogspot, sangat mudah sekali, berikut langkah-langkah yang bisa kita ikuti:

1. Silahkan masuk kea kun blogger anda

2. Jika anda memiliki blog lebih dari satu, pada daftar nama blog yang tersedia, silahkan anda pilih dan klik salah satu blog yang anda miliki

3. Pada halaman akun blog, lihat menu sisi kiri blog, silahkan anda pilih Menu "Laman", kemudian klik bertuliskan buat laman baru seperti terlihat pada gambar dibawah ini:
 pada umumnya ada dua halaman yang bisa kita gunakan untuk menerbitkan konten Membuat Halaman statis (Static Page) pada blog: baru 

4. Anda akan masuk ke editor untuk membuat halaman statis, untuk memulai membuat halaman, tidak jauh berbeda ketika kita membuat halaman artikel, kita tinggal memasukan judul halaman dan isi halaman  selesai.

5.  Jika halaman selesai anda buat, jangan lupa untuk menekan tombol "Publikasikan" untuk mulai menerbitkan halaman statis anda

Sampai pada tahap 5 diatas sebenarnya halaman statis sudah selesai anda buat, jika anda hendak membuat halaman statis lainnya silahkan lakukan hal yang sama seperti langkah-langkah diatas.

Demikian artikel sedehana mengenai apa itu halaman statis (static page)? dan bagaimana cara membuat halaman statis (static page) pada blog baru dan lengkap. Semoga bermanfaat untuk anda
 


Demikianlah Artikel Membuat Halaman statis (Static Page) pada blog: baru

Mudah-mudahan tutorial Membuat Halaman statis (Static Page) pada blog: baru Kali ini, bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya. Dan jangan lupa share tutorial ini agar semakin berguna bagi orang banyak.

Anda sekarang membaca artikel Membuat Halaman statis (Static Page) pada blog: baru dengan alamat link https://www.gadgetplus.my.id/2021/12/membuat-halaman-statis-static-page-pada.html
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar