Skip to main content

Mengatasi Apache dan MySQL Xampp Error Tidak Bisa Running

Mengatasi Apache dan MySQL Xampp Error Tidak Bisa Running - Hallo sahabat Gadgetplus, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mengatasi Apache dan MySQL Xampp Error Tidak Bisa Running, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel App web, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Mengatasi Apache dan MySQL Xampp Error Tidak Bisa Running
link : Mengatasi Apache dan MySQL Xampp Error Tidak Bisa Running

Baca juga


Mengatasi Apache dan MySQL Xampp Error Tidak Bisa Running

Xampp adalah paket instalasi perangkat lunak open source yang pada umumnya digunakan oleh pengembang aplikasi web untuk mempermudah dalam proses instalasi tool-tool yang dibutuhkan untuk mengembangkan aplikasi web, dengan bantuan paket instalasi xampp tool-tool tersebut lebih mudah untuk diinstal secara bersamaan tanpa harus di konfigurasi lagi secara manual.

Di dalam paket instalasi xampp pada umumnya terdiri dari beberapa software opensource yang sangat mendukung untuk mengembangkan aplikasi web menggunakan bahasa pemrograman PHP, software tersebut diantaranya adalah, apache (untuk webserver), php interpreter (software interpreter bahasa pemrograman PHP), mysql (software basis data), aplikasi php my admin ("aplikasi untuk mempermudah administrasi basis data mysql) dll, semuanya dikemas dalam satu paket instalasi dengan nama xampp.

Untuk mengembangkan aplikasi web, baik untuk belajar maupun projek nyata, xampp harus diinstal di komputer anda, setelah xampp berhasil diinstal, setidaknya anda harus mengaktifkan Apache dan juga mysql, Jika kedua tool tersebut berhasil dijalankan, maka anda bisa mulai untuk mencoba menjalankan aplikasi web anda, jika tidak berarti ada beberapa hal yang menyebabkan Apache dan juga mysql tidak bisa running.

artikel berikut akan coba saya share mengenai penyebab apache tidak bisa berjalan atau running dan juga cara mengatasinya.

A. Apache Xampp Error

Penyebab Apache pada xampp tidak bisa running.


Secara default apache akan aktif menggunakan port 80, sedangkan tool mysql menggunakan port 3306 , Untuk beberapa kasus, ada kalanya ketika tool-tool tersebut mencoba untuk diaktifkan, program tidak bisa running, bahkan muncul pesan informasi ERROR dengan tulisan berwarna merah dibawah ini:
 Error: Apache shutdown unexpectedly
This my be due to a blocked port, missing dependencies,
improver privileges, a crash, or a shutdown by another method.
Press the log button to view error logs anda check
the window event Viewer for more clues
If you need more help, copy and post this
entire log window on the forums.

, kurang lebih akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini:

Xampp adalah paket instalasi perangkat lunak open source yang pada umumnya digunakan oleh  Mengatasi Apache dan MySQL Xampp Error Tidak Bisa Running

jika terjadi seperti diatas, kemungkinan besar disebabkan oleh faktor berikut:

1. Adanya aplikasi yang lebih dulu berjalan menggunakan port 80 dan juga port 3306, sehingga port bentrok atau crash.

Ini bisa terjadi ketika anda menggunakan window 8.x atau ketika menggunakan window 10, atau jika di dalam komputer anda terinstal VM ware, atau aplikasi Skype sedang berjalan, Apache tidak bisa dijalankan karena adanya aplikasi lain yang lebih dulu berjalan menggunakan port yang sama yang digunakan oleh Apache dan juga mysql.


Cara Mengatasi Apache pada Xampp Error Tidak Bisa Running

Jika anda mengalami hal serupa, apache pada xampp anda error tidak bisa running atau berjalan di port 80, cara mengatasinya anda bisa mencoba mengganti default port untuk Apache dan juga mysql dengan port sesuai keinginan yang kemungkinan belum digunakan, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1.  Aktifkan xampp control panel yang sudah anda instal.

2. Klik button Config untuk Apache, kemudian pilih menu Apache (httpd.conf), seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

Xampp adalah paket instalasi perangkat lunak open source yang pada umumnya digunakan oleh  Mengatasi Apache dan MySQL Xampp Error Tidak Bisa Running


3. Pada dokument text yang terbuka, silahkan cari  angka 80, kemudian ganti menjadi 8080, untuk text berikut:
Listen 80 menjadi Listen 8080
juga
ServerName localhost:80 menjadi ServerName localhost:8080

4. simpan perubahan, dan silahkan anda coba restart kembali apache xampp anda.

Jika masih tidak bisa berjalan, exit xampp control-panel, kemudian aktifkan kembali dengan klik kanan pilih "open as administrator" bisa jadi di block oleh firewall.

Jika masih tidak bisa berjalan silahkan uninstall xampp di komputer anda, kemudian download xampp versi terbaru, dan install ulang xampp pada komputer anda.

Cara Menjalankan Localhost setelah ganti port 

Karena port default dari apache sudah diganti dari sebelumnya 80 menjadi port 8080, ini berpengaruh juga ketika kita memanggil localhost, ketika port xampp masih menggunakan port bawaan (port 80), untuk memanggil halaman localhost cukup dengan membuka browser kemudian pada address bar tinggal di masukan localhost maka halaman localhost akan terbuka dan bisa diakses, namun ketika port sudah diganti menjadi 8080, maka ketika anda ingin mengakses halaman localhost perintahnya sedikit berbeda, caranya:

a. buka browser
b. panggil di addressbar dengan perintah localhost:8080

Dengan perintah diatas maka localhost akan kembali diakses, jika anda ingin menjalankan aplikasi web yang sudah anda buat sebelumnya, maka untuk memanggil halaman utama aplikasi web tersebut (misalkan saja aplikasi web yang anda buat anda disimpan di folder example di htaccess)  gunakan perintah localhost:8080/example



B. MySQL XAMPP Error

Banyak sekali kemungkinan error yang terjadi ketika anda start mysql pada xampp control panel, sehingga mysql sulit untuk di start dan tidak bisa running, salah satu error yang banyak sekali terjadi adalah seperti error dibawah ini:
12:19:12 PM [mysql] Attempting to start MySQL app...
12:19:12 PM [mysql] Status change detected: running
12:19:13 PM [mysql] Status change detected: stopped
12:19:13 PM [mysql] Error: MySQL shutdown unexpectedly.
12:19:13 PM [mysql] This may be due to a blocked port, missing dependencies,
12:19:13 PM [mysql] improper privileges, a crash, or a shutdown by another method
12:19:13 PM [mysql] Press the Logs button to view error logs and check
12:19:13 PM [mysql] the Windows Event Viewer for more clues
12:19:13 PM [mysql] If you need more help, copy and post this
12:19:13 PM [mysql] entire log window on the forums

 

Cara Mengatasi MySQL Error pada Xampp

Cara mengatasi error diatas anda bisa coba cara-cara berikut:
1. Stop Semua server yang berjalan xampp, dll, kemudian exit

2. Masuk ke folder instalasi xampp, kemudian masuk ke folder data, misal
C:\xampp\mysql\data
3. Cara file ibdata1, silahkan ganti misal menjadi ibdata1.bak, atau hapus.

4. Restat kembali xampp control-panel anda, kemudian coba kembali untuk start mysql.


Jika masih tidak bisa berjalan, exit xampp control-panel, kemudian aktifkan kembali dengan klik kanan pilih "open as administrator" bisa jadi di block oleh firewall.

Jika masih tidak bisa berjalan silahkan uninstall xampp di komputer anda, kemudian download xampp versi terbaru, dan install ulang xampp pada komputer anda.


Demikianlah Artikel Mengatasi Apache dan MySQL Xampp Error Tidak Bisa Running

Mudah-mudahan tutorial Mengatasi Apache dan MySQL Xampp Error Tidak Bisa Running Kali ini, bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya. Dan jangan lupa share tutorial ini agar semakin berguna bagi orang banyak.

Anda sekarang membaca artikel Mengatasi Apache dan MySQL Xampp Error Tidak Bisa Running dengan alamat link https://www.gadgetplus.my.id/2021/12/mengatasi-apache-dan-mysql-xampp-error.html
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar