Skip to main content

4 Tips Mendapatkan Backlink dengan Blogwalking

4 Tips Mendapatkan Backlink dengan Blogwalking - Hallo sahabat Gadgetplus, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 4 Tips Mendapatkan Backlink dengan Blogwalking, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Blogger Tips, Artikel SEO Offpage, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 4 Tips Mendapatkan Backlink dengan Blogwalking
link : 4 Tips Mendapatkan Backlink dengan Blogwalking

Baca juga


4 Tips Mendapatkan Backlink dengan Blogwalking

4 Tips Mendapatkan Backlink dengan Blogwalking untuk pemula - Backlink merupakan bagian dari 200+ google ranking faktor yang sampai saat ini masih menjadi salah satu faktor penentu yang cukup significan untuk meningkatkan rangking halaman situs dihasil pencarian, untuk mendaptkan backlink memang bukan perkara mudah, perlu waktu, tenaga dan tentunya strategi, banyak sekali cara yang bisa kita tempuh agar blog memiliki backlink salah satu cara yang boleh dibilang paling mudah diantara banyak cara  adalah melalui blogwalking yang benar.

Sebenarnya banyak manfaat yang kita peroleh dengan blog walking, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Menjalin relasi atau silaturahmi antar sesama blogger sehingga bisa saling mengenal dan saling berkunjung.
2. Mendapatkan backlink
3. Meningkatkan trafik
4. Meningkatkan sitebranding

Jika cara blog walking yang kita tempuh tepat maka bukan hanya backlink saja yang akan kita peroleh namun melalui blogwalking kita dapat menjalin relasi dengan sesama bloger sehinga berpotensi meningkatkan trafik ke blog yang kita meliki baik dari sipemilik blog yang bersangkutan maupun blogger lain yang kebetulan tertarik dengan komentar bernilai anda sehingga trafik blog anda juga akan lebih baik.

Apa itu backlink dan bagaimana cara membangunnya

1.  Cari Blog yang berkualitas baik untuk berkomentar

Langkah pertama adalah anda harus mampu menemukan blog yang relevan dengan blog anda, jika blog yang anda bahas memiliki topik tentang keuangan dan bisnis online maka anda juga harus menemukan blog dengan reputasi yang baik untuk anda komentarai sekaligus mendapatkan backlink dari blog tersebut.

Semakin relevan blog yang anda komentari semakin baik backlink yang akan anda dapatkan.
Beberapa karakteristik blog yang bagus untuk dikometari selain memiliki relevansi adalah sebagai berikut:

a. Bisa dikomentari
Iya dong,....Yang utama adalah blog tersebut harus bisa dikomentari.

b. Memberlakukan Moderasi Komentar,
Blog yang memberlakukan moderasi komentar biasanya selektif dan selalu menghindari komentar spam, sehingga blog tersebuttidak berpotensi dianggap blog spam oleh google.

c. Di dominasi oleh komentar bermakna dan relevan
Anda bisa lihat apakah kmentar yang diterbitkan pada blog tersebut berkualitas, jika komentar relevan dan memiliki kualitas aka blog tersebut adalah blog yang baik untuk menanam backlink.

d. Memiliki pagerank yang baik
Salah satu pilihan adalah blog tersebut memiliki page rank yang baik, anda bisa gunakan plugin email subcriber yang disediakan oleh blog tersebut, dengan menjadi subcriber blog tersebut maka setiap kali artikel baru diterbitkan maka informasinya bisa langsung sampai kepada anda melalui pemberitahuan email.

dari kedua cara diatas salah satu cara yang cukup efektif adalah menggunakan Solusi Error komentar OpenID

Apakah tidak akan dianggap spam oleh google?

Bisa iya bisa juga tidak, blogger menyediakan fasilitas tersebut untuk digunakan bukan!, spam dan tidaknya tergantung dari si penggunanya, untuk meminimalisir terjadinya spam, jangan terlalu sering menggunakan teknik seperti ini,  cari artikel yang memang relevan dengan blog yang anda bahas, kemudian masukan komentar sangat relevan, informatif dan bernilai , silahkan masukan komentar usahakan lebih dari 2 baris dengan isi yang informatif, bisa berupa saran, tambahan, masukan, tanggapan, pernyataan atau pertanyaan itu akan lebih baik.

Hindari berkomentar basa basi yang tidak ada nilainya sama sekali, karena komentar seperti itu bisa dianggap spam, baik oleh pemilik blog maupun oleh google.

b. Berkomentar di Blog Berflatform Wordpress.

Cara paling mudah membangun backlink melalui blogwalking adalah berkomentar di blog berflatform wordpress.

Secara default atau bawaan komentar wordpress selalu menyertakan isi komentar, nama, email dan alamat situs, anda bisa mamanfaatkan fasilitas tersebut untuk sekaligus melatakan link ke blog anda melalui input alamat situs pada fasiltias komentar wordpress.

 Tips Mendapatkan Backlink dengan Blogwalking untuk pemula 4 Tips Mendapatkan Backlink dengan Blogwalking


Wah sulit dong jika harus selalu menginput nama, email dan alamat situs setiap kali berkomentar?

Betul sekali tentu akan memakan waktu, namun jika ingin lebih efektif anda bisa gunakan plugin browser untuk membantu mempermudah ketika berkomentar di blog berflatform wordpress anda bisa menggunakan plguin easycomment.

Silahkan instalkan di browser anda, kemudian lakukan konfigurasi, dengan memasukan nama, email dan situs anda, setiap kali anda ingin berkomentar di blog wordpress anda bisa aktifkan easycomment maka secara otomatis, nama, email dan website tidak perlu lagi anda isi.

Dengan cara diatas, jika anda berhasil maka pada umumnya anda akan mendapatkan backlink dari situs yang bersangkutan dan juga dari wordpress.com, backlink yang akan anda dapatkan biasanya nofollow , karena kebanyakan blog biasanya memberlakukan link nofollow, ada juga dofollow namun tidak banyak, tetapi jangan khawatir meskipun backlink yang anda dapatkan nofollow, tetap masih bisa mempengaruhi peringkat halaman situs dihasil pencarian google.

4. Masukan komentar yang bernilai dan relevan

Tips berikutnya adalah, jangan sekali-kali anda asal-asalan berkomentar misal komentar basa basi  yang tidak bernilai seperti " Nice info gan...kunjungi balik" atau seperti "Wah sangat informatif sekali gan...berkunjung juga ya"  atau komentar-komentar sejenis lainnya, apalagi ditambah dengan link yang anda sertakan, baik itu di nama komentar maupun di dalam komentar menuju situs yang tidak relevan dengan artikel yang dibahas.

Komentar seperti itu akan berpotensi dianggap sebagai komentar spam baik oleh sipemilik blog maupun oleh google dan kemungkinan besar tidak akan dipublish atau diterbitkan sehingga tujuan anda mendapatkan backlink akan sia-sia.


Silahkan buat komentar relevan yang benar-benar bernilai dan informatif, baik untuk si pembaca blog maupun si pemilik blog, silahkan buat komentar lebih dari 2 baris, bisa berupa masukan, tambahan, tanggapan, kritik saran, pernyataan atau pertanyaan, buat serelevan mungkin dan jika anda menyertakan link didalamnya buat link yang menuju artikel yang memiliki topik yang relevan.

Apakah Dengan Meletakan Link Mati Pada Komentar akan dianggap backlink?

Banyak cara yang ditempuh para blogger ketika berkomentar melalui blogwalking, salah satunya ada yang menggunakan link mati yang dimasukan didalam komentar (hanya sebuah text url dan tidak bisa diklik),  mungkin ada yang beranggapan bahwa itu adalah cara mereka membangun baclink, timbul pertanyaan apakah link mati yang kita letakan dikomentar akan menjadi backlink?

Menurut saya tidak, karena backlink harus bersumber dari sebuah link, jika bukan sebuah link maka tidak akan dianggap backlink oleh google.

Link mati yang diletakan didalam komentar mungkin tidak akan menjadi sebuah backlink, namun masih tetap memiliki manfaat bisa menjadi sumber trafik dari blog dimana komentar tersebut diletakan.

Saya khawatir dianggap Spam Jika menggunakan Cara ini?

Satu-satunya backlink legal yang dianggap natural dan berkualitas menurut google adalah backlink yang diletakan didalam artikel relevan oleh sipemilik blog tertentu dan tidak anda minta sama sekali, pemilik blog tertentu meletakan backlink ke artikel anda karena mereka menganggap artikel yang anda sajikan bermanfaat, backlink seperti itu merupakan backlink natural yang benar-benar berkualitas, namun tentu cara mendapatkan backlink seperti itu sangat sulit dan perlu waktu yang lama.

Cara tercepat adalah membangunnya secara manual.

Semua cara membangun backlink secara manual memiliki potensi spam jika dilakukan dengan salah dan tidak hati-hati, oleh karena itu apapun cara membangun backlink yang anda buat sebaiknya memeperhatikan hal-hal dibawah ini:

a.  Jangan terlalu Sering

Misal dalam 1 hari anda membangun 1.000 backlink ke blog anda, jika cara membangun backlink anda seperti itu sebaiknya dihindari karena bisa memicu webspam google.

Saya sendiri membangun backlink seperti ini kadang 10 backlink x dalam 1 bulan dan hasilnya lumayan.

b. Gunakan Anchor text yang bermacam-macam.

Untuk membangun backlink melalui komentar blog anda bisa gunakan name url atau name email website untuk wordpress, nama akan menjadi anchor text sebagai komentator jika diklik maka akan menuju situs anda, sebaiknya anda menggunakan nama yang berbeda setiap kali meletakan link ke artikel anda.

c. Variasikan Jenis Link Dofollow juga Nofollow.

Ada 2 jenis backlink, dofollow dan nofollow, sebaiknya anda jangan hanya memburu backlink dofllow saja, coba variasikan dofollow dan nofollow mendapatkan porsi yang sama, ini untuk meningkatkan ke naturalan backlink yang anda bangun.

d. Cari Blog Relevan

Ini yang harus selalu anda ingat, untuk membangun backlink melalui blog walking dengan blog commenting, selalu cari blog-blog yang relevan dengan blog anda.

e. Berikan komentar bernilai dan relevan

Ingat untuk selalu memberikan komentar bernilai dan relevan, komentar seperti ini akan mudah sekali dipublish oleh siempunya blog, sehingga peluang anda mendapatkan backlink melalui blogcomenting akan semakin baik

Bolehkah saya menggunakan Tool Backlink Otomatis 

Ada satu cara untuk memudahkan anda membangun backlink secara otomatis, yaitu dengan menggunakan tool tertentu.

Apakah boleh menggunakan tool semacam itu untuk membangun bacnklink?.

Untuk saya pribadi benar-benar tidak disarankan, karena tool seperti itu mampu membangun backlink dalam jumlah yang banyak dalam waktu yang cepat, apalagi tidak memperhatikan relativias blog atau artikel dimana backlink tersebut diletakan, sehingga akan berbahaya dan sangat berpotensi dianggap spam.

Apapun cara membangun backlink secara otomatis lebih baik dihindari.

Penutup

Memang banyak cara yang bisa kita tempuh untuk membangun backlink, salah satu cara yang biasa saya tempuh dan mungkin ini akan berguna sekali untuk blogger pemula karena caranya cukup mudah adalah melalui blogwalking dengan komentar di blog baik blog berflatform blogspot, wordpress atau blog-blog lainnya yang memiliki comment luv.

Demikian 4 Tips Mendapatkan Backlink dengan Blog Walking, semoga bermanfaat.



Demikianlah Artikel 4 Tips Mendapatkan Backlink dengan Blogwalking

Mudah-mudahan tutorial 4 Tips Mendapatkan Backlink dengan Blogwalking Kali ini, bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya. Dan jangan lupa share tutorial ini agar semakin berguna bagi orang banyak.

Anda sekarang membaca artikel 4 Tips Mendapatkan Backlink dengan Blogwalking dengan alamat link https://www.gadgetplus.my.id/2021/12/4-tips-mendapatkan-backlink-dengan.html
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar