Skip to main content

Pengalaman Pertama Menang di Kontes SEO IAPD

Pengalaman Pertama Menang di Kontes SEO IAPD - Hallo sahabat Gadgetplus, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengalaman Pertama Menang di Kontes SEO IAPD, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Blogger Tips, Artikel SEO, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pengalaman Pertama Menang di Kontes SEO IAPD
link : Pengalaman Pertama Menang di Kontes SEO IAPD

Baca juga


Pengalaman Pertama Menang di Kontes SEO IAPD

Alhamdulilah Akhirnya ajang kontes SEO yang selenggarakan olehgoogle adsense.

Dan tidak lupa juga saya ucapkan kepada seluruh para peserta kontes seo yang sudah ikut berpartisifasi meramaikan acari ini (Saya akui: Gak ada loe gak rame bro…..!!!)


Kontes SEO Ini adalah Pengalaman Pertama Yang sangat bermanfaat

Untuk saya pribadi mengikuti kontes seo ini adalah pengalaman pertama kali, motivasi saya mengikuti kontes seo ini Cuma satu ingin mendapatkan pengalaman dan juga ingin merasakan bagaimana suasana bersaing, karena terus terang saja untuk masalah seo saya pribadi bukan orang yang ahli dibidangnya, saya hanyalah blogger amatiran  yang dari awal ngeblog tidak sengaja tertarik dengan dunia seo (baca : Pengalaman saya bisa terujun ke dunia blogging), sehingga selalu berupaya mencari pengetahuan tentang seo, mempelajari dan juga mencoba berekperimen tentang seo, tentu saja untuk mendapatkan tolak ukur bagaimana cara mengembangkan sebuah blog.

Terus terang adanya kontes seo ini benar-benar memberikan sebuah pelajaran yang sangat berharga, terutama bagi saya pribadi dan mugkin juga untuk peserta lainnya, karena bagaimanapun juga dalam beberapa hari kita dihadapkan pada sebuah upaya bagaimana agar artikel blog mampu nangkring di posisi terbaik, saya yakin setiap peserta memiliki teknik dan strategi khusus untuk mengupayakan agar artikelnya bisa nangkring di posisi terbaik.

Dari setiap strategi dan teknik yang digunakan, mungkin ada yang membuahkan hasil dan ada juga yang belum berhasil, apapun teknik yang anda gunakan untuk memenangkan persaingan ini saya yakin anda akan mendapatkan pengalaman berharga tentang seberapa efektif cara yang anda gunakan.

Upaya Optimasi Blog untuk Kontes SEO IAPD yang saya Lakukan


Di artikel kali ini saya hanya ingin berbagi pengalaman saja,  tentang bagaimana artikel saya mampu menduduki posisi terbaik di hasil pencarian gogle dalam waktu yang tepat, Apa yang saya lakukan sebenarnya standar seperti yang dilakukan oleh kebanyakan blogger tapi mungkin anda ingin mengetahuinya secara detail, oleh karena di artikel kali ini saya akan uraikan upaya apa saja yang saya lakukan hingga mampu memenangkan persaingan di kontes SEO IAPD.

Optimasi SEO Onpage

Upaya seo tidak lepas dari optimasi seo onpage dan juga offpage, yang tidak kalah pentingnya adalah optimasi seo onpage, yaitu sebuah teknik bagaimana kita mengupayakan sebuah optimasi didalam internal blog (penyajian artikel, template dll) agar blog mampu mendapatkan posisi terbaik.

Optimasi seo onpage yang saya upayakan adalah sebagai berikut:

1. Ketika Menentukan Judul Artikel

Ketika mendapatkan informasi tentang target kata kunci yang dilombakan (“potensi blog untuk generasi muda”), yang terbersit di otak saya pertama kali adalah bagaimana saya harus menyajikan judul artikel yang mampu menarget kata kunci tersebut.

Yang saya jadikan acuan untuk membuat judul adalah sebagai berikut:

a. Saya harus meletakan kata kunci tersebut di awal judul (optimasi seo onpage)

b. Saya harus mampu menyajikan judul berbeda sedikit unik dari judul yang sudah dibuat oleh competitor lainya (berharap dapat meningkatkan CTR)

c. Setelah mendapatkan informasi bahwa kata kunci yang dilombakan adalah kata kunci low competition (persaingan rendah), saya memutuskan untuk membuat judul pendek saja (tidak lebih dari 65 karakter ) agar semua kata judul dapat muncul dan terbaca seluruhnya di hasil pencarian).

Sebelum menentukan judul, yang pertama yang saya lakukan adalah, melihat judul competitor yang sudah terbit untuk kata kunci “potensi blog untuk generasi muda”, analisa dari hasil pencarian, saya harus memutuskan bagaimana cara membuat judul yang sedikit berbeda dengan yang sudah diterbitkan, walaupun tidak beda-beda amat akhirnya saya memutuskan untuk membuat judul #4 potensi blog untuk generasi muda masa kini

Saya sengaja meletakan karakter # di depan judul tersebut hanya untuk memberikan identitas bahwa judul yang saya buat sedikit berbeda dengan judul lainnya, sekaligus agar mata pengunjung lebih mudah melakukan scanning ketika judul ditemukan dihasil pencarian (hehe...kaya scanner saja yah...!, intinya berharap agar judul banyak dapat click :P).

2. Cara Saya Mengembangkan Judul

Setelah mendapatkan judul yang tepat langkah selanjutnya yang saya lakukan adalah mengembangkan judul tersebut menjadi sebuah artikel utuh.

Mengembangkan dan menguraikah sebuah judul menjadi sebuah artikel lengkap mungkin setiap orang punya cara  yang berbeda-beda satu sama lain, acuan untuk saya pribadi adalah sebagai berikut:

a. Menyajikan artikel dengan sub-sub judul, tujuannya agar artikel tidak terkesan membosankan, sehingga lebih memikat pembaca untuk membaca artikel yang disajikan dengan lebih mudah, tidak masalah walaupun tidak dibaca seluruhnya, namun sub-sub judul bisa menjadi sebuah navigasi yang cukup membantu agar pembaca mampu mendapatkan point-point penting yang dianggap menarik untuk dibaca (sebuah nilai plush untuk SEO jika pembaca setidaknya menghabiskan 3 menit saja untuk membaca artikel tersebut).

b. Menyajikan artikel panjang, tentu saja, saya harus mampu menyajikan artikel yang lebih panjang dari kompetitor lainnya (Analisa Serp IQ: artikel panjang akan memiliki potensi mendapatkan posisi terbaik di hasil pencarian, minimal 1000 kata atau jika mampu 2000 kata atau lebih itu lebih baik).

Lakukan test kata kunci di pencarian google.co.id untuk kata kunci “potensi blog untuk generasi muda” lihat competitor satu-satu bagaimana cara mereka menyajikan artikel, buatlah artikel yang lebih baik dan lebih panjang dari mereka)

c.  Sajikan Paragraf yang Selalu Fokus ke target kata kunci, saya akui cara ini mungkin sedikit susah namun harus tetap saya upayakan.

Acuan yang saya buat seperti yang dijelaskan oleh pakar seo:
"Ketika anda diminta untuk menyajikan sebuah artikel tentang apple (apple buah), maka anda harus mampu menjelaskan bahwa apel yang anda maksud adalah apel buah bukan apel Merk laptop, tentu yang bisa menjadi penunjang bahwa apple yang yang saya jelaskan adalah apple buah di dalam artikel saya harus menyajikan kata kunci penunjang (lsi keyword) seperti harum, lezat, manis, warna, enak dan lain-sebagainya yang memberikan informasi tambahan kedalam artikel bahwa artikl yang dimaksud adalah artikel tentang apple buah bukan merk).
Begitu juga untuk artikel yang menarget kata kunci “potensi blog untuk generasi muda”, memang harus sedikit jeli dan apik ketika menyajikan artikel untuk target kata kunci tersebut.

d. Kembangkan kata kunci, Ada 2 cara ketika menyajikan sebuah artikel yang mampu menarget kata kunci tertentu, mengembangkan kata kunci atau menyebar kata kunci.

Disini saya memilih untuk mengembangkan kata kunci, bagaimana saya mengupayakan setiap kata di dalam target kata kunci “Potensi Blog untuk Generasi Muda” yang terdiri dari  kata “Potensi”, “blog” dan “generasi muda”, agar kata-kata itu bisa tersebar disetiap paragraph (harus diupayakan bahwa setiap paragraph setidaknya melibatkan kata-kata diatas) dan jika bisa gunakan juga sinonimnya (baca: LSI keyword), missal untuk potensi, kita sesekali bisa menggunakan kata manfaat dan semacamnya, begitu juga untuk kata-kata kunci lainnya.

Untuk kata kunci utuh “Potensi blog untuk generasi muda” saya letakan minimal 3 di beberapa bagian paragraph tanpa mengurangi kualitas informasi dari paragraph tersebut (tetap upayakan agar tulisan enak dibaca dan mudah difahami).

Langkah ini mungkin setiap blogger memiliki cara berbeda tergantung keterampilan menulis, yang selalu saya prioritaskan adalah , bagaimana artikel tersebut enak dibaca namun bagus dimata mesin pencari.

e. Melibatkan Link Keluar, Sebagian blogger menganggap link keluar mungkin bisa mengurangi kualitas sebuah artikel di mata mesin pencari, itu mungkin menurut mereka, tetapi tidak menurut saya, Pakar internet marketing (Neil Patel) bahkan menyarankan untuk selalu melibatkan link keluar atau ekternal link, dan blog-blog pakar seo seperti backlinko.com, neilpatel.com, kismetric.com  dan juga blog-blog yang memiliki reputasi baik lainnya selalu melibatkan link keluar disetiap halaman artikelnya.

Link keluar menurut saya justru akan membuat artikel lebih berkualitas, apalagi link yang dituju adalah link ke blog yang punya reputasi baik.

Yang saya selalu perhatikan adalah bagaimana membuat link keluar yang relevan dengan paragraph yang sedang dijelaskan. Jika paragraph tersebut perlu penguat atau referensi maka saya akan mencantumkan link keluar (dofollow atau nofollow). Dan saya beranggapan untuk tidak membuat link keluar menuju artikel dengan target kata kunci yang sama.

f. Libatkan Multimedia (Gambar atau Video)
Saran teknik SEO onpage:
"Selalu melibatkan multimedia gambar atau video"
Keberadaan gambar atau video di dalam sebuah artikel selain mempu memikat minat pengunjung juga bagus di mata seo, tidak lupa juga saya libatkan optimasi gambar tersebut dengan  mencantumkan ALT dan juga Title, penggunaan ALT dan title harus sesuai dengan gambar yang dimaksud, agar dapat meningkatkan naturalitas artikel, jika gambar tentang Mobil, maka tulis ALT dan juga title dengan kata “ Mobil” atau mobil Keren dan lain sebagainya.

3.  Sajikan artikel pendukung tanam internal link

Untuk mengangkat popularitas artikel yang dilombakan saya mencoba membuat artikel lainnya dan menyematkan internal link di artikel tersebut yang menuju ke artikel yang dilombakan, ini mungkin sebuah ekperimen saya pribadi, tujuan saya melakukan ini agar artikel saya bisa lebih cepat deindex google, penyebabnya karena beberapa hari artikel yang saya terbitkan sulit di-index, penyebabnya karena menurunnya pengunjung blog saya hingga > 50% akibat beberapa sebab.



Selain membuat internal link, saya juga memampang judul artikel yang dilombakan di sidebar kanan untuk kategori artikel terbaru, tujuannya sama agar artikel tersebut lebih mudah untuk bisa dilihat dan banyak dibaca oleh pengunjung.

Internal link sepertinya memiliki dampak yang baik untuk artikel yang dilombakan, Terutama untuk meningkatkan view artikel tersebut dimata pengunjung (semakin bagus view sebuah artikel dibaca oleh pengunjung yang bersumber dari mesin pencari, maka reputasi artikel tersebut akan baik pula dimata pengunjung, apalagi pengunjung betah berlama-lama membaca artikel tersebut).

Optimasi SEO Offpage Apa yang saya Upayakan?

Siapapun tau bahwa sampai saat ini optimasi seoyang paling berperan sampai 2016 dan dampaknya sangat bagus untuk blog adalah membangun backlink.

Backlink benar-benar bisa memberikan dampak baik untuk artikel blog dan terbukti bisa meningkatkan rangking di hasil pencarian, dampaknya baru terasa ketika backlink tersebut berhasil diclaim oleh google (anda bisa melihatnya di google seach console untuk link ke situs saya), namun sayangnya waktu backlink sampai diclaim oleh google memerlukan waktu yang tidak sebentar, mungkin lebih dari satu bulan backlink baru bisa diclaim, tergantung beberapa upaya kita dan seberapa sering bot google menelusuri isi blog kita dan blog tempat backlink ditanam.

Kita melihat Kontes seo IAPD hanya selama 2 minggu saja, saya rasa backlink bukan salah satu cara paling efektif untuk untuk meningkatkan ranking halaman di hasil pencarian untuk kontes SEO IAPD ini, sehingga saya memilih cara lainnya.

#Apakah saya membangun backlink untuk artikel saya? 
Ya, saya tentu saja membangun backlink, saya hanya satu kali saja membangun backlink, itu juga dilakukan di pertangahan berakhirnya acara (mungkin sampai saat ini backlink itu belum berhasil diclaim oleh google).

Saya membangun backlink tepatnya kontextual backlik  (backlink yang diletakan didalam artikel relevan) di salah satu artikel blog teman saya (
Didin Ajidin
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar